21 December 2016 / Berita Sukita Terkini

GSM adalah Agen Perubahan


media

Pelatihan Guru Sekolah Minggu (GSM)
GKI Klasis Bojonegoro
(Komisi Pengembangan Kemitraan)

Tema: Class Management

 

Kontributor:

Pnt. Alexander O.
GKI Sulung Surabaya

Pada tanggal 11-12 Desember 2016 yang baru lalu, kami GKI Klasis Bojonegoro dibawah Komisi Pengembangan Kemitraan mengadakan Camp Pembinaan Guru Sekolah Minggu. Topik yang kami angkat cukup jarang menjadi perhatian Gereja pada umumnya yaitu Pengelolaan Kelas.

Para Guru Sekolah Minggu pada umumnya berangkat dari sebuah kerinduan yang sangat mulia yaitu menjangkau jiwa sedari masa kanak-kanak. Namun demikian tentu saja hal tersebut tidak cukup, sebab melihat perkembangan psikologis anak yang cukup kompleks maka diperlukan teknik dan ketrampilan mengelola kelas sehingga materi yang disampaikan dapat tersaji dan diserap lebih optimal oleh masing-masing anak dengan keunikannya yang telah Tuhan karuniakan.

Sebaik-baiknya guru mempersiapkan materi pengajaran, belum tentu anak-anak tersebut memiliki sudut pandang yang sama dengan tujuan dan sasaran tema mingguan atau bahkan tahunan. Itu sebabnya nilai-nilai yang ingin ditanamkan belum dapat dipastikan tertanam dalam hati dengan baik. Sangat banyak “semak belukar” yang mewarnai, itu sebabnya para guru sekolah minggu perlu mendapatkan masukkan bagaimana menyikapi konteks ini dengan menyadari beberapa hal penting yang seringkali dihadapi. Diantaranya adalah Sapaan kepada masing-masing anak, Keteladanan, Teknik Komunikasi dalam/luar kelas, Bagaimana meng-Apresiasi, bahkan tidak jarang pula para guru diperlukan kemampuan untuk menjadi Mediator dan Fasilitator dengan orang tua.

Camp ini telah menggugah dan memperlengkapi 47 orang peserta dalam lingkup Klasis Bojonegoro untuk menjadi agen perubahan bagi setiap tantangan Sekolah Minggu yang semakin kompleks terkait dengan tumbuh kembang anak. Diselingi pula dengan materi praktek yang membuat para guru mendapatkan cerminan atas ketrampilannya yang perlu dikembangkan sesuai arahan para narasumber. Disampaikan pula materi dan praktek bila dalam faktanya para guru terkadang menghadapi suatu konteks dimana Tuhan titipkan anak-anak jemaat yang memiliki “keunikan/berkebutuhan lebih khusus” dalam Kelas-kelas Sekolah Minggu. Terpujilah Allah yang hikmatNya besar…

 


Topik I: "Mendongeng"
Narasumber: Bp. Jonathan Christanto Wibisono
dari : MDC Surabaya

 


Pelajaran I: Teknik pernafasan untuk detoks dan mengontrol suara

 


Para peserta yang sedang berlatih vokal

 


Pak Chris mengajarkan bagaimana mendapat perhatian anak melalui dongeng
bagaimana seorang guru mendongeng dan menghayati setiap peran yang diceritakan

 


Topik II: Class Management
Narasumber: Ibu Theresia Rus Hardinah
dari : Sekolah MDC Surabaya

 


Ibu Rus mengajarkan banyak hal tentang komunikasi dengan anak
memahami cara berpikir anak
hingga merubah cara guru mendidik dan menasehati anak

 


Terima kasih kepada pasutri: Pak Chris dan Bu Rus
yang telah mengajarkan kami
menjadi "mesin cuci" bagi anak-anak didik kami di sekolah minggu

Latest ARTICLE