16 November 2017 / Renungan Harian

Akhir Zaman


media

Akhir Zaman

Wahyu 16:1-7

Dan aku mendengar mezbah itu berkata: "Ya Tuhan, Allah, Yang Mahakuasa, benar dan adil segala penghakiman-Mu" (Why. 16:7)

Dua mahasiswa teologi berdiskusi tentang Surga. Satu orang mengatakan, "Saya kira di Surga itu hanya ada orang yang memuji-muji Tuhan. Akan ada sukacita abadi di sana!" Yang lain mengatakan, "Saya membayangkan ada makanan kesukaan saya di sana!" Tampaknya kedua mahasiswa itu memiliki perbedaan gambaran tentang Surga.

Gambaran tentang akhir zaman dan Surga juga ada dalam kitab Wahyu. Apakah nanti benar-benar ada seorang malaikat yang menumpahkan cawan ke dalam laut sehingga airnya menjadi darah? Apakah ada malaikat yang menumpahkan cawan murka Allah ke atas bumi sehingga muncul bisul pada sebagian orang. Sebagian orang percaya bahwa itu hanyalah bahasa kiasan dari pesan Tuhan bagi umat-Nya. Pesan itu membuat umat Tuhan makin yakin bahwa Tuhan akan menghakimi setiap perbuatan manusia.

Memahami firman Tuhan memang tidak mudah. Namun, ada pesan-pesan penting yang dapat kita pegang. Salah satunya adalah mengenai pesan Tuhan sebelum kedatangan-Nya kembali. Tuhan yang adil itu memiliki kuasa untuk menghakimi siapa yang benar dan siapa yang salah. Tugas kita sebagai pengikut Tuhan adalah memahami dan menjalankan firman-Nya. Selama ini apakah kita sudah menangkap pesan Tuhan itu dan menjalankannya? Jika Ia datang kembali, semoga kita didapati hidup benar di jalan-Nya.

 


Refleksi:

Sekalipun pemahaman kita terbatas, kita harus berusaha menaati firman Tuhan sebaik mungkin.

 

Mzm. 90:1-8[9-11] 12; Yeh. 6:1-14; Why. 16:1-7

Latest ARTICLE