02 September 2017 / Renungan Harian

Aksi Bukti Kuasa-NYA


media

Aksi Bukti Kuasa-NYA

Matius 8:14-17

Menjelang malam dibawalah kepada Yesus banyak orang yang kerasukan setan dan dengan sepatah kata Yesus mengusir roh-roh itu dan menyembuhkan orang-orang yang menderita sakit. (Mat. 8:16)

Tuhan Yesus membuktikan kuasa yang ada pada diri-Nya bukan hanya pada saat Ia mengajar dengan penuh hikmat. Karisma-Nya juga tampak pada saat Ia menyembuhkan banyak orang sakit dan mengusir setan.


Sakit dan kelemahan jasmani pada zaman Yesus dipandang sebagai tanda adanya dosa. Oleh karena itu, penyembuhan orang sakit dan pengusiran setan dari orang yang kerasukan adalah tindakan pemulihan secara tuntas. Melalui karya penyembuhan itu, Yesus juga memulihkan martabat dari si sakit. Tindakan Tuhan Yesus itu memanusiakan kembali orang-orang yang menderita. Peristiwa itulah yang tampak dalam bacaan Alkitab pada hari ini. Bahkan dalam peristiwa penyembuhan ibu mertua Petrus, kesembuhan itu membuatnya mampu menjadi orang yang melayani Tuhan Yesus.


Pelayan gereja hendaknya juga menyentuh aspek pembebasan manusia secara menyeluruh dari berbagai bentuk kelemahannya. Aksi pelayanan gereja haruslah belajar dari aksi Tuhan Yesus yang membawa pembebasan. Aksi pelayanan gereja haruslah membebaskan orangdari berbagai kelemahan dan belenggu yang mengikat, baik itu secara rohani maupun secara jasmani. Gereja harus bertindak untuk menghadirkan tanda-tanda Kerajaan Allah itu secara nyata yaitu menghadirkan kasih, kebenaran, keadilan, dan damai sejahtera. Tindakan itu meneladani Kristus, Raja Gereja itu sendiri.

 


Refleksi:

Pembebasan yang dilakukan Kristus itu menyeluruh. Aksi umat Tuhan seharusnya demikian juga.

 

Mzm. 26:1-8; Yer. 15:10-14; Mat. 8:4-17

Latest ARTICLE