23 September 2017 / Renungan Harian

Alasan Ikut YESUS


media

Alasan Ikut YESUS

Matius 19:23-30

"Kami ini telah meninggalkan segala sesuatu dan mengikut Engkau; jadi apakah yang akan kami peroleh?" (Mat. 19:27)

Motivasi atau alasan untuk melakukan sesuatu itu penting dan menentukan kelanjutan dari suatu tindakan. Ada yang melakukan sesuatu karena alasan suka. Ada yang dimotivasi untuk menyenangkan hati orang lain. Ada juga yang alasannya hendak memuaskan diri sendiri lewat apa yang nantinya dicapai dari tindakan tersebut.

Tuhan Yesus berkata bahwa orang kaya sukar masuk ke dalam Kerajaan Surga. Petrus mempertanyakan hal itu karena ia memiliki pemahaman sebagaimana orang Yahudi pada saat itu, yaitu bahwa orang yang diberkati Tuhan pastilah kaya dan juga pastilah masuk ke dalam Kerajaan Surga. Pertanyaan itu diikuti juga dengan pertanyaan tentang apa yang akan mereka terima sebagai pengikut Yesus. Pertanyaan itu sangat beralasan karena mereka telah meninggalkan segala sesuatu untuk mengikuti Yesus. Jawaban Yesus sederhana, yaitu bukan kekayaan dan kejayaan yang akan diterima, melainkan hidup kekal. Namun, jawaban itu diikuti dengan peringatan tentang siapa yang tadinya lebih dulu mengikuti-Nya bisa jadi yang terkemudian karena mengundurkan diri. Hal itu bisa terjadi karena motivasi mengikut Yesus tidak tepat.

Apa yang menjadi motivasi dan alasan kita dalam mengikut Yesus? Apakah untuk memperoleh sesuatu? Jika motivasi kita keliru, mari kita perbaiki. Seharusnya motivasi kita semata-mata karena mengasihi Dia dan mau mengikuti-Nya, bukan karena menginginkan sesuatu yang lain.

 


Refleksi:

Motivasi yang benar akan membawa kita pada pengenalan yang benar dan buah yang sesuangguhnya.

 

Mzm. 145:1-8; Zef. 2:13-15; Mat. 19:23-30

Latest ARTICLE