09 May 2018 / Renungan Harian

Allah Dan Peraturan-peraturan-Nya


media

Allah Dan Peraturan-peraturan-Nya
Mazmur 93

Peraturan-Mu sangat teguh; bait-Mu layak kudus, ya TUHAN, untuk sepanjang masa. (Mzm. 93:5)

Mazmur 90-106 dikenal sebagai kumpulan mazmur penobatan raja. Ini adalah mazmur-mazmur untuk mengingat dan merayakan kemaharajaan Allah. Biasanya mazmur-mazmur itu dinyanyikan di Bait Allah pada saat pesta tahun baru.

Kumpulan mazmur itu berusaha menjawab krisis spiritual yang dialami bangsa Israel di masa pembuangan Babel (mulai 587 SM). Bangsa Israel bertanya-tanya apakah Allah masih tetap setia pada janji-Nya untuk memberkati dan melindungi mereka berhubung mereka kini hidup dalam pembuangan, kehilangan Yerusalem, kota kebanggaan mereka, serta menyaksikan runtuhnya kejayaan dinasti Daud.

Menjawab kegalauan itu, Mazmur 93 menegaskan, “Tuhan adalah Raja, Ia berpakaian kemegahan, Tuhan berpakaian, berikat pinggang kekuatan. Sungguh, telah tegak dunia, tidak bergoyang; takhta-Mu tegak sejak dahulu kala, dari kekal Engkau ada” (ay. 1-2).

Kuasa Tuhan tidak pernah goyah, apalagi hilang. Tuhan adalah Raja yang senantiasa menguasai keadaan. Oleh karena itu, umat-Nya tidak perlu takut. Namun, pada saat yang sama, peraturan-peraturan Tuhan juga tidak pernah goyah. Peraturan-peraturan Tuhan itu teguh untuk sepanjang masa dan hanya dengan menaati peraturan-peraturan-Nya itulah umat-Nya selamat. Tuhan tidak pernah bisa dilepaskan dari peraturan-peraturan-Nya. Kita tidak bisa hanya menginginkan Tuhan, tetapi menolak peraturan-peraturan-Nya.



REFLEKSI
:
Bukan hanya Tuhan yang tetap kuat dan berkuasa selama-lamanya, peraturan-peraturan-Nya juga berlaku sepanjang masa.

Mzm. 93; Ul. 11:18-21; Mrk. 16:19-20

Latest ARTICLE