25 July 2017 / Renungan Harian

ALLAH Hakim yang Adil


media

ALLAH Hakim yang Adil

Mazmur 75

"Apabila Aku menetapkan waktunya, Aku sendiri akan menghakimi dengan kebenaran." (Mzm. 75:3)

Hukum semestinya menjadi panglima tertinggi dalam menegakkan keadilan. Namun, sayang tak sedikit hakim di lembaga peradilan yang tidak mampu bertindak adil sehingga mencoreng lembaga hukum yang ada.

Mazmur 75 mengungkapkan keyakinan dan penantian akan keselamatan dan keadilan dari Tuhan. Mungkin Mazmur ini dilatarbelakangi oleh adanya serangan dari musuh yang berbahaya. Dalam situasi yang mencemaskan itu, Pemazmur mengajak umat bersyukur dan bersorak-sorak kepada Allah. Ajakan itu didasari oleh keyakinan Pemazmur akan keadilan Allah. Ia percaya bahwa apa pun yang akan terjadi Allah adalah Hakim yang adil.

Allah adalah Hakim yang adil sehingga Ia pasti menghakimi dengan kebenaran. Kebenaran dan keadilan Allah itu tidak akan terbantahkan oleh siapa pun. Karena Allah adalah Hakim yang adil, maka Allah pasti menghakimi dengan adil. Meskipun manusia dapat memutarbalikkan fakta dan berusaha menjatuhkan serta merendahkan sesamanya, Allah sanggup merendahkan orang fasik dan meninggikan orang benar. Allah pun sanggup memberikan penghukuman yang sesuai dengan keadilan dan kebenaran-Nya.

Kehidupan kita dikelilingi dengan ketidakadilan. Jangan kita berhenti berharap kepada Allah karena Dia adalah Hakim yang adil. Percayalah, akan tiba waktunya Allah akan memperlihatkan keadilan-Nya.

 


Refleksi:

Keadilan yang sesungguhnya hanya dapat kita harapkan dari Allah, Sang Hakim yang adil.

 

Mzm. 75; Zef. 3:1-13; Gal. 4:21 - 5:1

Latest ARTICLE