13 March 2018 / Renungan Harian

Allah Sanggup


media

Allah Sanggup
1 Korintus 10:6-13

Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar …. (1Kor. 10:13)

“’Masalah Anda tidak pernah lebih besar daripada Anda. Anda selalu lebih besar dari masalah Anda.’ Kata-kata itu langsung melekat di kepala saya ketika mendengar seorang motivator di salah satu stasiun televisi. Kata-kata tersebut melecut saya untuk bangkit.” Demikianlah kesaksian seorang anggota jemaat saat pendalaman Alkitab di jemaat kami.

Tatkala mengirim surat kepada jemaat di Korintus, Paulus bertindak sebagai seorang motivator. Di tengah tantangan dan persoalan yang dihadapi jemaat pada saat itu, Paulus memotivasi dan mengingatkan bahwa masalah mereka adalah masalah biasa. Pencobaan yang mereka hadapi tidak pernah melebihi kekuatan manusia. Satu hal yang penting diyakini adalah bahwa mereka memiliki Tuhan yang setia, yang memberikan jalan keluar di tengah kebuntuan. Itulah pesan Paulus yang jauh lebih bernilai dari seorang motivator biasa. Jemaat Korintus mempunyai Tuhan; karena itu, mereka mesti berpaut kepada-Nya. Tuhan selalu sanggup memberikan jalan keluar terbaik atas masalah mereka.

Kesaksian anggota jemaat di atas terjadi saat kami sedang membahas bagian surat Paulus yang kita baca hari ini. Di sana kami diingatkan bukan hanya kepada potensi yang kami miliki dalam menghadapi masalah hidup, melainkan terlebih lagi diingatkan kepada Allah. Ia jauh lebih besar dan berkuasa. Ia sanggup menyelesaikannya. Itu yang kami imani. Bagaimana dengan Anda?



REFLEKSI
:
Masalah dalam kehidupan mengajarkan kita untuk tidak bergantung pada kemampuan kita, tetapi bergantung kepada Allah.

Mzm. 107:1-16; Bil. 20:1-13; 1Kor. 10:6-13

Latest ARTICLE