08 September 2018 / Renungan Harian

Allah Satu-satunya Sumber Keselamatan


media

Allah Satu-satunya Sumber Keselamatan
Mazmur 146

Janganlah percaya kepada para bangsawan, kepada anak manusia yang tidak dapat memberikan keselamatan. (Mzm. 146:3)

Kepada apa dan siapa manusia sering memercayakan hidupnya untuk mendapat pertolongan? Kalau mau jujur, umumnya manusia lebih mudah memercayakan hidupnya pada harta atau sesamanya yang kuat dari segi materiil maupun kekuasaan daripada kepada Tuhan. Sebab harta dan manusia kelihatan, sementara Tuhan tidak kelihatan.

Kitab Mazmur 146 tentunya berangkat dari pengalaman penulis yang menyadari bahwa berharap pada pertolongan manusia adalah kesia-siaan belaka (ay. 3). Mengapa demikian? Sebab manusia tidak dapat menyelamatkan nyawanya sendiri (ay 4). Dalam segala kegemilangan harta dan kekuasaannya, manusia tidak dapat menunda saat-saat kematiannya apabila ajal menjemputnya. Hanya Tuhanlah yang layak dipercaya dan dimintai pertolongan oleh umat-Nya. Pada-Nya terletak keselamatan kita. Pada-Nya ada sifat-sifat kasih dan keadilan bagi orang-orang benar dan tertindas. Siapa yang datang kepada-Nya dengan ketulusan hati tidak akan pernah ditolak-Nya. Oleh sebab itulah kita memuliakan dan meninggikan nama-Nya.

Saat ini mungkin kita sedang menghadapi persoalan yang membutuhkan pertolongan sesama kita. Tetapi, sebelum kita datang kepada manusia, sudahkah terlebih dulu kita bertelut dan berdoa kepada Tuhan? Harta dan manusia tidak dapat memberi keselamatan, hanya Tuhan sajalah yang dapat memberikannya.


REFLEKSI:
Tuhan adalah tempat bersandar yang kokoh, sumber keselamatan kita.

Mzm. 146; Yes. 33:1-9; Mat. 15:21-31

Latest ARTICLE