12 April 2018 / Renungan Harian

Antikristus


media

Antikristus
1 Yohanes 2:18-25

Memang mereka berasal dari antara kita, tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita …. (1Yoh. 2:19)

Di sepanjang sejarah, ada banyak tokoh yang dianggap “sang antikristus” karena kekejamannya atau karena kebijakannya menentang ajaran atau kebijakan yang dianut oleh gereja. Setiap kali muncul tokoh dunia yang melakukan tindakan serupa itu, orang mulai menyebutnya sebagai “sang antikristus.” Siapa sesungguhnya antikristus itu?

Ketika Yohanes menyebutkan tentang antikristus, sebutan itu tidak digunakan untuk mengacu kepada satu pribadi saja, tetapi kepada banyak orang. Antikristus adalah mereka yang tidak mau mengakui kebenaran bahwa Yesus adalah Kristus, Anak Allah. Antikristus adalah sang pendusta yang menyangkal kebenaran tentang Kristus. Dalam terjemahan Alkitab versi Bahasa Indonesia Masa Kini (BIMK) digunakan kata “musuh Kristus” untuk menerjemahkan antikristus. Jadi, antikristus adalah setiap orang yang sudah mengenal kebenaran tentang Kristus, tetapi tidak bersedia mengakuinya, bahkan berusaha untuk menyangkali dan secara aktif menentangnya.

Meskipun Yohanes mengatakan bahwa antikristus itu bisa saja berasal dari antara kita, tetapi kita tidak perlu takut dan resah, juga tidak perlu menduga-duga siapa mereka. Tuhan tahu siapa milik kepunyaan-Nya. Bagian yang harus kita lakukan adalah tetap tinggal dalam kebenaran yang sudah dinyatakan kepada kita dan terus bertekun untuk hidup di dalamnya.



DOA:
Tuhan, beri kami keteguhan hati untuk tidak mudah terombang-ambing oleh siapa pun yang bangkit melawan Tuhan. Amin.

Mzm. 4; Dan. 9:1-19; 1Yoh. 2:18-25

Latest ARTICLE