20 June 2017 / Renungan Harian

Berbicaralah TUHAN


media

Berbicaralah TUHAN

1 Samuel 3:1-9

Sebab itu berkatalah Eli kepada Samuel: "Pergilah tidur dan apabila Ia memanggil engkau, katakanlah: Berbicaralah, TUHAN, sebab hamba-Mu ini mendengar." (1Sam. 3:9)

Kepekaan adalah soal bagaimana kita menyikapi sesuatu. Ada berbagai kepekaan. Kepekaan terhadap Tuhan, misalnya, adalah bagaimana kita membaca tanda-tanda dari Tuhan di dalam peristiwa sehari-hari. Kepekaan lainnya misalnya kepekaan terhadap lingkungan sekitar dengan menjaga kebersihannya. Sedangkan, kepekaan terhadap sesama manusia meliputi kepedulian kepada keluarga, teman, atau mereka yang menderita.

Kepekaan terhadap panggilan Tuhan tampaknya ada dalam diri Samuel yang masih muda dan belum mengenal Tuhan. Beberapa kali Samuel mendengar namanya disebut. Samuel mengira Imam Eli yang memanggilnya. Imam Eli menyadari bahwa yang memanggil Samuel adalah Tuhan, maka ia mengajarkan Samuel cara menjawab panggilan itu. "Pergilah tidur dan apabila Ia memanggil engkau, katakanlah: Berbicaralah, TUHAN, sebab hamba-Mu ini mendengar." Panggilan Tuhan membuat Samuel makin peka. Kepekaan itu mendorong Samuel untuk memberi diri. Samuel siap mendengarkan sabda dan perintah Tuhan.

Sudahkah kita peka dengan apa yang terjadi di sekeliling kita? Sudahkah kita peka terhadap keluhan pasangan kita, penderitaan di lingkungan sekitar kita, dan terlebih lagi peka terhadap panggilan Tuhan? Tuhan memanggil kita untuk lebih peka mendengar suara-Nya. Kepekaan seperti itu sudah sepatutnya dilatih atau dikembangkan sepanjang hidup kita.

 


Doa:

Berbicaralah, Tuhan, sebab hamba-Mu ini mendengar. Amin

 

Mzm. 105:1-11, 37-45; 1Sam. 3:1-9; 2Tes. 2:13 - 3:5

Latest ARTICLE