29 April 2018 / Renungan Harian

Berbuah Banyak


media

Berbuah Banyak
Yohanes 15:1-8

Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.” (Yoh. 15:5)

Okulasi adalah salah satu cara perbaikan kualitas tanaman, yang dilakukan dengan menempelkan mata tunas dari tanaman yang unggul ke batang lainnya, umumnya dilakukan pada tanaman yang sejenis. Melalui okulasi, diharapkan tanaman dapat menghasilkan buah dengan kualitas dan kuantitas unggul.

Dalam bacaan kita hari ini, Tuhan Yesus berkata, “Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya.” Tuhan Yesus menyebut dirinya dengan gambaran sebatang pohon anggur. Ia adalah pohon anggur yang benar, yang sesungguhnya, yang sejati, yang baik. Dan kita, gereja-Nya disebut sebagai ranting-ranting dari pokok anggur itu. Beberapa dari ranting-ranting itu kadang ada yang dipotong dan dibuang karena tidak menghasilkan buah. Beberapa ranting yang lain, menurut Paulus dalam Roma 11:19 adalah tunas yang ditempelkan (diokulasi) di pokok anggur tersebut, supaya dapat menghasilkan buah yang baik. Ranting-ranting yang berbuah, juga akan tetap dibersihkan supaya dapat terus berbuah, bahkan berbuah banyak.

Sebagai ranting pokok anggur, kita diharapkan dapat terus berbuah unggul, baik secara kualitas maupun kuantitas. Dan itu bukanlah hal yang mustahil. Karena Bapa, sang pengusaha kebun anggur akan terus merawat dan membersihkan kita. Satu syarat yang harus kita perhatikan supaya kita dapat berbuah dan berbuah tetap, yaitu kita harus tetap tinggal, menempel, melekat pada Pokok Anggur yang sejati itu.



DOA:
Tuhan tolonglah kami untuk tinggal tetap di dalam Tuhan, supaya kami dapat berbuah dan tetap berbuah baik. Amin.

Kis. 8:26-40; Mzm. 22:26-32; 1Yoh. 4:7-21; Yoh. 15:1-8

Latest ARTICLE