13 September 2017 / Renungan Harian

Berdoa dengan Yakin


media

Berdoa dengan Yakin

Matius 21:18-22

"Dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya." (Mat. 21:22)

Doa adalah napas orang beriman. Sayangnya, karena dianggap sebagai napas, doa menjadi sesuatu yang biasa, bahkan amat biasa. Doa-doa kita menjadi hambar, rutinitas saja, dan terlalu sering dipenuhi dengan permintaan tanpa memberikan kesempatan Tuhan berbicara kepada kita. Lebih dari itu, kita sering kali tidak percaya pada isi doa kita sendiri. Kita berdoa mohon kesembuhan, pada saat yang sama terbesit pikiran mana mungkin Allah sanggup menyembuhkan penyakit yang sudah parah. Kita berdoa sekaligus kita tidak yakin dengan apa yang kita doakan.

Peristiwa pohon ara yang menjadi kering membuat para murid bertanya-tanya apa yang terjadi. Kesempatan itu dipergunakan Tuhan Yesus untuk menjelaskan dan menegaskan bahwa doa yang disampaikan dengan sungguh-sungguh dan dengan keyakinan penuh adalah doa yang penuh dengan kuasa. Bukan saja pohon ara dapat menjadi kering, tetapi gunung pun dapat terangkat dan tercampak ke laut. Itulah gambaran tentang kuasa doa yang dahsyat bila kita berdoa dengan sungguh dan dalam iman kepada Allah.

Bagaiamana dengan doa-doa kita saat ini? Apakah doa kita hanya suatu rutinitas yang hambar? Apakah kita meyakini apa yang kita doakan? Yakinlah dan siap-siaplah untuk menjadi takjub akan hasilnya. Namun, berdoalah juga dalam kerendahan hati untuk tunduk kepada apa yang menjadi kehendak Allah bagi kita.

 


Refleksi:

Berdoalah dengan yakin dan yakinlah bahwa Tuhan akan mendengar dan menjawabnya dengan seturut dengan kehendak-Nya.

 

Mzm. 119:65-72; Im. 16:1-5, 20-28; Mat. 21:18-22

Latest ARTICLE