26 August 2017 / Renungan Harian

Berjaga-jagalah dan Waspadalah


media

Berjaga-jagalah dan Waspadalah

Matius 16:5-12

Ketika itu barulah mereka mengerti bahwa bukan maksud-Nya supaya mereka waspada terhadap ragi roti, melainkan terhadap ajaran orang Farisi dan Saduki. (Mat. 16:12)

Perjumpaan dengan banyak orang bisa menghadirkan pengalaman yang menyenangkan, tetapi bisa juga sebaliknya, menghadirkan pengalaman buruk. Tentu kita semua selalu mengharapkan hal-hal yang menyenangkan. Karena itu, berjaga-jaga dan waspada dalam perjumpaan dengan banyak orang menjadi hal yang penting.

Dalam bacaan hari ini, murid-murid Tuhan Yesus diajak berjaga-jaga dan waspada terhadap ragi orang Farisi dan Saduki. Pesan itu disampaikan Tuhan Yesus kepada para murid ketika mereka lupa membawa roti sebagai bekal persediaan makanan dalam perjalanan. Namun, ragi yang dimaksud Tuhan Yesus bukan makanan biasal, melainkan ajaran. Ragi orang Farisi dan Saduki maksudnya pengaruh buruk dan merusak dari ajaran mereka. Kelambanan para murid untuk memahami bahaya pengaruh buruk ajaran orang Farisi dan Saduki menunjukkan betapa perlunya mereka diajar mengenai sosok Mesias dan mengenai apa artinya mengikut Dia.

Pengajaran Tuhan Yesus tersebut menjadi sangat berharga bagi kita. Berjaga-jaga dan waspada terhadap ajaran lain yang menghadirkan pengaruh buruk dan merusak adalah hal penting dalam kehidupan kita. Hal itu tidak berarti kita harus mencurigai semua orang. Hal yang perlu kita lakukan adalah terus belajar memperteguh iman kita dan hidup dalam lingkungan yang baik supaya kita sedapat mungkin terhindar dari pengaruh buruk dan merusak dari ajaran lain.

 


Doa:

Tuhan, terima kasih untuk pengajaran-Mu. Mampukan kami untuk memahami dan menerapkannya.  Amin.

 

Mzm. 138; Yeh. 36:33-38; Mat. 16:5-12

Latest ARTICLE