11 June 2017 / Renungan Harian

Berkat Rasuli


media

Berkat Rasuli

2 Korintus 13:11-13

Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus, dan kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus menyertai kamu sekalian. (2Kor. 13:13)

Betapa damainya hidup kita ketika hati kita mengamini ucapan berkat tiap hari minggu. "Tuhan memberkati Saudara dan melindungi Saudara. Tuhan menyinari Saudara dengan wajah-Nya dan memberi Saudara kasih karunia. Tuhan menghadapkan wajah-Nya kepada Saudara dan memberi Saudara damai sejahtera." Atau, ucapan berkat berikut ini: "Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus, dan kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus menyertai kamu sekalian." Ucapan berkat dari 2 Korintus 13:13 itu juga sering disebut sebagai "berkat rasuli".

Surat 2 Korintus merupakan salah satu surat yang ditulis oleh Rasul Paulus kepada jemaat di Korintus. Dalam surat itu, Rasul Paulus memberikan berkatnya. "Berkat rasuli" dalam 2 Korintus 13:13 memberi dorongan kepada jemaat Korintus untuk tetap kuat dalam iman dan dalam kehidupan yang kudus. Ucapan berkat dari Paulus itu mengungkapkan bahwa umat Tuhan membutuhkan tiga hal yang tak terpisahkan, yaitu kasih karunia Tuhan Yesus Kristus, kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus.

Ucapan berkat dari Rasul Paulus itu mengandung rumusan trinitarian atau memiliki aspek Allah Tritunggal. Pada hari Minggu Trinitas ini, mari kita lebih mengenal Tuhan Allah kita. Kita telah menerima berkat Allah Bapa, Tuhan Yesus, dan Roh Kudus dalam setiap ibadah Minggu. Mari kita mengimani dan mengamini semua berkat itu dengan sepenuh hati.

 


Doa:

Puji syukur dalam nama Allah Bapa, Putra, dan Roh Kudus. Amin

 

Kej. 1:1-2:4a; Mzm. 8; 2Kor. 13:11-13; Mat. 28:16-20

Latest ARTICLE