12 October 2017 / Renungan Harian

Bersediakah


media

Bersediakah?

1 Petrus 5:1-5

Gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu, jangan dengan paksa, tetapi dengan sukarela sesuai dengan kehendak Allah, dan jangan karena mau mencari keuntungan, tetapi dengan pengabdian diri. (1Ptr. 5:2)

Pernahkan Anda membaca berita pemanggilan penatua baru di warta jemaat gereja Anda? Anggota jemaat diundang untuk menggumuli dan mengusulkan nama yang dianggap dapat menjadi penatua. Setelah nama-nama itu terkumpul, proses selanjutnya adalah melawat calon penatua itu untuk menanyakan kesediaan mereka.

Panggilan menjadi penatua merupakan sebuah panggilan untuk menggembalakan umat Tuhan. Namun, di tengah kesibukan zaman ini, ternyata makin sedikit orang yang bersedia menjadi penatua jemaat. Di satu sisi, hal itu mungkin menandakan bahwa anggota jemaat makin menyadari bahwa panggilan itu adalah panggilan yang serius sehingga tidak dapat ditanggapi secara sembarangan. Namun, di sisi lain, banyak juga yang belum bersedia menerima panggilan itu karena mereka merasa tidak dapat membagi waktu untuk menjadi seorang penatua.

Biasanya menjelang akhir tahun adalah masa-masa pewartaan pencalonan penatua. Biarlah kita diingatkan untuk makin sukarela mengabdikan diri kepada Tuhan melalui jalan kita masing-masing. Jika ternyata Tuhan berkehendak memanggil Anda untuk menjadi pelayan umat-Nya, bersediakah Anda menyambutnya dengan sukarela? Bersediakah Anda untuk tidak mencari keuntungan pribadi, tetapi untuk mengabdi tanpa pamrih? Gumulilah komitmen pelayanan Anda kepada Tuhan!

 


Doa:

Tuhan, mampukan kami untuk melayani umat-Mu dengan sukarela dan tulus. Amin.

 

Mzm. 23; Yes. 22:1-8a; 1Ptr. 5:1-5, 12-14

Latest ARTICLE