13 May 2018 / Renungan Harian

Bukan Apa Melainkan Bagaimana


media

Bukan Apa Melainkan Bagaimana
Yohanes 17:6-19

Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada yang jahat.” (Yoh. 17:15)

Hidup di dunia ini tidak seperti makan di restoran. Di restoran, kita bisa memilih menu sesuai selera dan jika pihak restoran tidak menghidangkan makanan sesuai pesanan kita, kita punya hak menolaknya. Hidup kita di dunia tidak seperti itu. Kadang ada menu yang kita sukai. Namun, kadang ada pula menu yang tidak kita sukai dan kita tidak bisa menolaknya.

Dalam doa syafaat yang dipanjatkan Yesus untuk kita semua, Ia berdoa, “Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia.” Sebaliknya, Yesus meminta supaya Allah Bapa-Nya melindungi kita dari yang jahat. Yesus sadar bahwa mengambil kita dari dunia yang penuh dengan penderitaan ini, dan memindahkan kita ke dunia lain, bukanlah sebuah solusi.

Persoalan utama dalam kehidupan kita bukanlah apa yang kita alami, melainkan bagaimana kita menghadapi apa yang kita alami. Kita sering kali tidak punya kuasa atas apa yang kita alami. Namun, kita punya kuasa atas bagaimana kita menghadapi apa yang kita alami.

Kita hidup dalam satu dunia bersama dengan semua manusia lainnya. Tidak ada dunia lain. Di dalam dunia ini, penderitaan adalah sebuah fakta. Namun, Yesus sudah menunjukkan bahwa Ia telah mengalahkan kuasa kejahatan. Pada saat yang sama Ia juga telah meminta Allah Bapa-Nya untuk melindungi kita dari yang jahat agar kita dapat sampai di Tanah Perjanjian dengan selamat. Mengapa takut?

REFLEKSI:
Kita hidup di dunia di mana kuasa kejahatan memang nyata. Namun, perlindungan Allah Bapa juga sama nyatanya.

Kis. 1:15-17, 21-26; Mzm. 1; 1Yoh. 5:9-13; Yoh. 17:6-19

Latest ARTICLE