28 October 2017 / Renungan Harian

Bukan Sekadar Hitam atau Putih


media

Bukan Sekadar Hitam atau Putih

Yohanes 5:39-47

"...namun kamu tidak mau datang kepada-Ku untuk memperoleh hidup itu." (Yoh. 5:40)

Bacaan Alkitab hari ini adalah bagian akhir dari Yohanes pasal 5. Bagian akhir ini tampaknya masih terkait dengan peristiwa yang diceritakan di bagian awal pasal 5, yaitu Tuhan Yesus menyembuhkan seseorang yang telah lumpuh selama 38 tahun di kolam Betesda. Penyembuhan itu dipersoalkan orang Yahudi karena Tuhan Yesus melakukannya di hari Sabat.

Tuhan Yesus menjawab mereka dengan teguran. "Kamu menyelidiki Kitab-kitab Suci... tetapi walaupun Kitab-kitab Suci itu memberi kesaksian tentang Aku, namun kamu tidak mau datang kepada-Ku untuk memperoleh hidup itu" (ay. 39-40). Tuhan Yesus menegur mereka dengan keras sebab mereka bukan hanya tidak setuju dengan tindakan Yesus, melainkan mereka juga berusaha membunuh-Nya (ay. 18).

Fanatisme pada umumnya sangat mengandalkan batas-batas kenyamanan doktrin atau ajaran agama. Dengan batasan tegas itu, orang mudah untuk menimbang apakah sesuatu bisa dianggap benar atau salah. Tindakan Tuhan Yesus justru menunjukkan kompleksitas hidup beriman. Beriman kepada Tuhan sering kali rumit dan tidak dapat disederhanakan menjadi sekadar rambu-rambu hitam/putih, boleh/tidak boleh, dan baik/tidak baik.

Dalam menjalani hidup beriman, kita diajak Tuhan Yesus untuk menimbang dan merenungkan kehadiran-Nya dan karya-Nya di luar batas-batas nyaman kita.

 


Doa:

Tuhan, mampukan kami untuk menyadari bahwa hidup beriman tidak hitam/putih semata. Amin.

 

Mzm. 1; Ams. 24:23-34; Yoh. 5:39-47

Latest ARTICLE