29 August 2017 / Renungan Harian

Dari DIA, Oleh DIA, Kepada DIA


media

Dari DIA, Oleh DIA, Kepada DIA

Roma 11:33-36

Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya! (Rm. 11:36)

Menyatakan puji-pujian kepada Allah merupakan hal yang penting dalam kehidupan kita. Hal itu adalah bentuk ungkapan syukur kepada Allah karena kemahakuasaan Allah memang nyata dan segala sesuatu diciptakan-Nya dengan cara yang ajaib dan terkadang tak terselami.

Rasul Paulus memaparkan bahwa Israel harus menaati Allah karena keselamatan dan penebusan yang telah dilakukan-Nya. Rasul Paulus mengakhiri pemaparannya dengan suatu madah pujian yang sangat indah yang ditujukannya kepada Allah yang Maha Pengasih. Rasul Paulus tidak ragu-ragu mengakui bahwa Allah menguasai sepenuhnya sejarah dan kehidupan manusia. Baginya, Allah mengetahui rencana, tujuan, dan pemenuhan hidup manusia. Ia adalah Sang Pencipta, Pelindung, dan tujuan semesta.

Pengakuan tersebut juga mengingatkan kita bahwa kehidupan kita adalah dari Dia, oleh Dia, dan kepada Dia. Hanya Allah yang menyelamatkan kehidupan kita dan menjadi tujuan hidup kita, serta pengharapan segala ciptaan. Oleh karena itu, fokus kehidupan kita bukanlah manusia atau diri kita sendiri, melainkan hanya Allah saja. Berhadapan dengan Allah yang begitu kaya akan kemurahan bagi orang berdosa, kita pantas merendahkan diri. Kita juga patut mengakui bahwa segala kemuliaan hanya ada pada Allah sehingga sudah selayaknya kita memuji-muji Dia. Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya! Soli Deo Gloria!

 


Doa:

Tuhan, kemuliaan sampai selama-lamanya hanya bagi Engkau.  Amin.

 

Mzm. 18:2-4, 21-33; Ul. 32:18-20, 28-39; Rm. 11:33-36

Latest ARTICLE