12 December 2018 / Renungan Harian

Daya Tahan


media

Daya Tahan
Lukas 7:18-30

Dan berbahagialah orang yang tidak menjadi kecewa dan menolak Aku.” (Luk. 7:23)

Furnitur yang terbuat dari kayu jati sepertinya sekarang sudah jarang ditemui, sekalipun masih banyak digemari. Kayu jati digunakan karena terkenal dengan daya tahan atau kekuatannya. Furnitur kayu jati bisa bertahan puluhan tahun lamanya. Walau demikian, sekuat-kuatnya daya tahan yang dimilikinya, suatu saat akan usang juga.

Yohanes Pembaptis adalah penyeru besar (ay. 27-28), pembuka jalan, pemberita yang tangguh. Hidup di padang gurun, hidupnya ketat soal makanan. Ia yakin pada pemberitaannya, “Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia yang lebih berkuasa dari padaku akan datang dan membuka tali kasut-Nyapun aku tidak layak. Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus dan dengan api” (Luk. 3:16). Walau demikian, ketika ia dipenjarakan (baca Luk. 7:20) oleh Herodes, ia menjadi goyah juga. Ia mengutus dua orang muridnya untuk bertanya kepada Tuhan, “Engkaukah yang akan datang itu …?” Pengharapannya bahwa mesias hadir sebagai hakim, menampi umat, dijawab Tuhan dengan pemahaman bahwa Mesias datang untuk membawa belas kasihan kepada banyak orang.

Ketika iman kita goyah karena berbagai terpaan hidup, lihatlah jejak karya Tuhan dalam hidup kita. Lihatlah belas kasih Tuhan yang ditunjukkan-Nya melalui banyak perbuatan-Nya yang ajaib. Biarlah kita menjadi orang yang berbahagia karena kita menyambut Dia selalu.


DOA:
Tuhan, kuatkan iman kami. Amin.

Mzm. 126; Yes. 35:3-7; Luk. 7:18-30

Latest ARTICLE