13 December 2017 / Renungan Harian

Dilayakkan oleh ALLAH


media

Dilayakkan oleh ALLAH

Lukas 1:5-17

"...untuk membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati orang-orang durhaka kepada pikiran orang-orang benar dan dengan demikian menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yang layak bagi-Nya." (Luk. 1:17)

Alkisah, seseorang menghadiri undangan pesta raja. Ketika ia turun dari kereta kuda, ia terpeleset ke dalam kubangan air kotor sehingga bajunya penuh dengan lumpur. Ketika ia hendak pulang, datanglah sang raja dan memintanya tetap masuk. Ia menolak karena merasa tidak layak ke pesta raja dengan baju yang kotor. Tiba-tiba sang raja menjatuhkan dirinya ke dalam kubangan yang sama. Lalu, sang raja berkata: "Sekarang, mari masuk bersamaku!"

Sesungguhnya manusia tidak pernah layak untuk masuk ke dalam Surga. Manusia yang berdosa tidak pernah pantas bersanding dengan Allah dalam kemuliaan-Nya. Karena itulah, Allah sendiri yang harus turun tangan mengangkat manusia. Dalam rancangan keselamatan-Nya, Allah merancang Yohanes datang mendahului-Nya untuk mempersiapkan jalan di hati umat. Umat diharapkan membuka hatinya untuk bertobat dan kembali kepada Allah. Orang-orang yang memiliki hati seperti itulah yang layak di hadapan Allah.

Dengan rendah hati, kita harus mengaku isegala kekurangan kita di hadapan Allah dan membiarkan anugerah-Nya melayakkan kita. Kita harus membuka hati bagi pengampunan Allah. Kita harus terus bersedia diubah oleh Allah agar kita senantiasa layak di hadapan-Nya seperti yang difirmankan-Nya : "...hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati orang-orang durhaka kepada pikiran orang-orang benar..." (ay. 17).

 


Doa:

Tuhan, kami ingin mengucap syukur atas kasih-Mu yang sangat besar terhadap kami. Amin.

 

Mzm. 27; Mal. 2: 10 - 3:1; Luk. 1:5-17

Latest ARTICLE