26 July 2018 / Renungan Harian

Dipindah Dari Hidup Lama Ke Hidup Baru


media
Dipindah Dari Hidup Lama Ke Hidup Baru
Kolose 1:9-14
 
Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya yang kekasih …. (Kol. 1:13)
Bapak Joko Widodo atau biasa dipanggil Jokowi dan Bapak Basuki Tjahaja Purnama atau biasa dipanggil Ahok, ketika menjadi Gubernur DKI Jakarta, kerap kali memindahkan para penduduk yang tinggal di bantaran kali ke rumah susun. Mereka dipindahkan dari hunian yang kumuh dan tidak sehat ke tempat tinggal yang lebih pantas dan sehat. Banyak di antara mereka yang bergembira dengan lingkungan barunya.
Bagi Paulus, kita adalah orang yang sudah dipindahkan Tuhan dari kehidupan lama ke kehidupan yang baru. Kita dipindahkan dari kegelapan ke dalam hidup yang terang. Yang memindahkan itu adalah Allah sendiri lewat pengurbanan anak-Nya Yesus Kristus. Kita dipindahkan-Nya karena kita dikasihi-Nya. Kita ditebusnya karena Ia tidak ingin kita hidup di dalam kegelapan. Karena kini kita telah memiliki kehidupan yang baru maka, kata Paulus, sudah sepantasnya kita bersyukur dan bersukacita kepada Tuhan yang adalah Bapa kita (ay. 12).
Kita sudah dipindahkan Tuhan dari hidup lama ke kehidupan yang baru. Kita mengalami hidup baru karena Kristus yang mengaruniakannya bukan karena kita yang mengupayakannya. Karena itu semata-mata karena kasih-Nya, maka selayaknya kita terus-menerus bersyukur. Seperti dalam hidup lama ada persoalan, saat menjalani hidup baru pun beragam tantangannya. Yang membedakannya, dalam hidup baru kita selalu bersyukur sehingga semakin berkenan di hadapan-Nya.

REFLEKSI:
Dalam hidup baru selalu ada tantangannya. Namun, dalam hidup baru selalu ada waktu untuk bersyukur.
 
Mzm. 145:10-18; 1Raj. 19:19-21; Kol. 1:9-14

Latest ARTICLE