20 October 2017 / Renungan Harian

Distraksi


media

Distraksi

Ulangan 17:14-20

"Juga janganlah ia mempunyai banyak isteri, supaya hatinya jangan menyimpang; emas dan perakpun janganlah ia kumpulkan terlalu banyak." (Ul. 17:17)

Saya sering menjumpai kendaraan di depan saya berjalan lambat dan oleng ke kanan dan kiri. Rupanya, si pengemudi sedang memakai telepon genggamnya, entah membalas pesan masuk atau sekadar membaca-baca hal lain. Kebiasaan sperti itu bukan hanya membahayakan dirinya melainkan juga pengguna jalan lainnya. Mengemudi adalah salah satu aktivitas paling berbahaya dalam kehidupan kita sehari-hari. Saat mengemudi, kita sedang mengendalikan benda ratusan kilogram (motor) atau ribuan kilogram (mobil). Bayangkan dampaknya apabila perhatian kita teralihkan dan benda seberat itu menghantam pengguna jalan lainnya!

Dalam bahasa Inggris, hal itu disebut dengan istilah "distraction" (distraksi), yaitu sesuatu yang membuat orang lain memberi perhatian kepada hal yang utama. Terlalu banyak kuda, istri, emas, dan perak dapat mengalihkan perhatian raja Israel dari perkara-perkara utama yang menjadi tanggung jawabnya.

Banyak hal yang bisa mengalihkan perhatian kita dari tanggung jawab yang utama. Ketika bekerja, banyak waktu dan energi habis untuk bermain HP atau menjelajah internet. Di tengah kebersamaan keluarga, banyak urusan lain menyita fokus kita. Demikian juga dalam pelayanan di gereja, kita teralihkan pada urusan konsumsi, kenang-kenangan, bahkan konflik kepentingan. Mulailah untuk mengesampingkan hal-hal yang tidak utama dalam hidup ini.

 


Doa:

Tuhan, kami ingin berusaha mengesampingkan hal-hal yang tidak penting dan mendahulukan hal-hal yang utama. Amin.

 

Mzm. 96:1-9 [10-13]; Ul. 17:14-20; 1Ptr. 5:1-5

Latest ARTICLE