19 April 2018 / Renungan Harian

Dosa Dalam Ketidaktahuan


media

Dosa Dalam Ketidaktahuan
Kisah Para Rasul 3:17-26

Hai saudara-saudara, aku tahu bahwa kamu telah berbuat demikian karena ketidaktahuan, sama seperti semua pemimpin kamu.” (Kis. 3:17)

Di tengah rasa sakit yang amat sangat, Yesus melihat orang-orang yang ada di sekitar-Nya. Mereka menginginkan kematian-Nya. Mereka belum puas melihat penderitaan-Nya sehingga mereka terus berusaha untuk menyakiti hati-Nya. Ketika tiang kayu salib itu ditegakkan, terdengar suara lirih berkata, “Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.” Bagi siapa Tuhan Yesus berdoa?

Tuhan Yesus tahu bahwa mereka yang menyalibkan dan mengejek-Nya tidak tahu apa yang sedang mereka perbuat. Mereka hanya melakukan apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab mereka. Seandainya mereka tahu siapa Dia yang sedang mereka aniaya, tentu tidak seorang pun di antara mereka berani melakukannya. Tuhan Yesus memahami keadaan mereka dan bagi merekalah Ia berdoa.

Dalam khotbahnya, Petrus menyebutkan bahwa mereka yang menolak dan menyalibkan Tuhan Yesus telah melakukan kesalahan karena ketidaktahuan mereka, sama seperti para pemimpin mereka. Ia juga mewartakan kebenaran tentang Kristus yang telah disalibkan, mati, dan dibangkitkan. Ketika kebenaran itu diungkapkan, maka mereka yang dulu telah melakukan kesalahan dipanggil untuk menyadari kesalahannya dan bertobat. Demikian juga dengan kita, ketika kebenaran Tuhan menyingkapkan kesalahan kita, maka kita pun dipanggil untuk mengakuinya dan bertobat.



DOA:
Tuhan, ketika Engkau menyingkap kesalahan yang tidak kami sadari, berilah kami keberanian untuk mengakuinya dan bertobat. Amin.

Mzm. 23; Kej. 30:25-43; Kis. 3:17-26

Latest ARTICLE