19 June 2017 / Renungan Harian

Dukungan TUHAN


media

Dukungan TUHAN

Yosua 1:1-11

"Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi." (Yos. 1:9)

Dalam hidup ini, kita selalu membutuhkan dukungan dari orang lain, terutama dari orang yang memiliki hubungan langsung dengan kita, misalnya keluarga dan sahabat kita. Bentuk dukungan itu beraneka ragam, mulai dari pemberitahuan informasi penting, tindakan tertentu, nasihat, dan bahkan petunjuk spesifik untuk pemecahan masalah tertentu. Selain itu, kita juga membutuhkan dukungan mental dalam bentuk kehangatan, kepedulian, simpati dan empati. Dalam situasi kondisi tertentu, kita mungkin juga membutuhkan dukungan yang lebih "material" berupa uang atau dana. Kita membutuhkan dukungan orang lain sebab pada dasarnya kita adalah makhluk yang tidak bisa hidup sendiri. Dukungan orang lain adalah kebutuhan hidup yang mendasar.

Lebih dari itu, betapa baiknya hidup kita bila kita bukan hanya mendapat dukungan dari sesama manusia, melainkan juga dari Tuhan. Hal itulah yang dialami Yosua, sang pengganti Musa. Tuhan berfirman kepadanya, "Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi." Penyertaan Tuhan memberi Yosua kekuatan untuk menjalankan dan menyelesaikan tugasnya.

Kita tidak bisa hidup sendiri di dunia, kita butuh dukungan orang lain. Ada yang butuh dukungan dalam bentuk nasihat, kepedulian, bahkan materi. Namun, terlebih dari semua itu, kita membutuhkan penyertaan dan berkat Tuhan. Bukalah hati kita untuk setiap dukungan dari Tuhan.

 


Doa:

Tuhan, terima kasih, untuk semua dukungan-Mu. Amin

 

Mzm. 105:1-11, 37-45; Yos.. 1:1-11; 1Tes. 3:1-5

Latest ARTICLE