22 July 2018 / Renungan Harian

Hati Yang Tergerak Oleh Belas Kasih


media
Hati Yang Tergerak Oleh Belas Kasih
Markus 6:30-34, 53-56
 
… maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka …. (Mrk. 6:34)
Mungkin Anda pernah melihat tayangan di YouTube tentang seorang anak kecil yang tergilas mobil sampai beberapa kali di pasar di Guangdong, Tiongkok? Tak ada seorang pun yang tergerak hatinya dengan belas kasihan untuk menolong anak yang sedang kesakitan itu.
Berbeda dengan Yesus. Ketika Ia melihat orang banyak seperti domba yang tidak mempunyai gembala, hati-Nya tergerak oleh belas kasihan (ay. 34). Artinya, melihat orang banyak yang membutuhkan perhatian, Yesus segera bertindak dan melakukan sesuatu untuk mereka. Padahal saat itu, Yesus sangat lelah dan ingin istirahat karena seharian bekerja dan melayani orang banyak. Yesus sangat sibuk sampai makan pun tidak sempat. Biasanya bila orang dalam kelelahan dan ingin istirahat, maka ia tidak lagi peduli dengan orang sekitarnya atau tugas yang sedang dikerjakannya. Sebab waktunya sekarang untuk merawat dan memperhatikan diri sendiri. Namun, Yesus tidak melakukan seperti yang biasa dilakukan orang. Yesus mengajar mereka dan melayani mereka.
Saya sangat percaya bahwa dunia yang kita diami ini akan menjadi gersang dan tidak lagi menarik dihidupi bila setiap orang hanya memperhatikan dirinya sendiri dan tidak pernah peduli dengan orang lain. Sebaliknya, dunia yang di atasnya kita hidup akan sangat indah didiami bila setiap kita selalu memiliki hati yang tergerak oleh belas kasih melihat orang lain yang sedang mengalami pergumulan. Percayalah!

REFLEKSI:
Yang diperlukan adalah hati yang tergerak oleh belas kasih bukan iba.
 
Yer. 23:1-6; Mzm. 23; Ef. 2:11-22; Mrk. 6:30-34, 53-56

Latest ARTICLE