20 May 2018 / Renungan Harian

Hidup Benar


media

Hidup Benar
Yohanes 15:26-27; 16:4b-15

Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran ….” (Yoh. 16:13)

Murid-murid Yesus bingung ketika Yesus berkata, “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku” (Yoh. 14:6). Mereka ingin jalan langsung untuk mengenal Allah Bapa, bukan jalan memutar. Menanggapi hal itu, Yesus menjelaskan bahwa jika mereka melihat Dia dan karya-Nya, maka mereka sudah melihat Allah Bapa itu sendiri. Seandainya mereka masih tetap sulit memercayai hal itu, maka “percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri” (Yoh. 14:11).

Yesus ingin menyampaikan bahwa di dalam hidup serta karya-Nya itulah bisa ditemukan jalan yang akan membawa kita kepada Allah, Sang Sumber Kehidupan. Kehidupan sebagaimana ditunjukkan Yesus itulah kehidupan yang benar, yang sejati.

Yesus kini sudah bangkit dan naik ke Surga. Kita masih tinggal di dunia dengan segala cobaan dan tantangannya. Itulah sebabnya Roh Kudus dicurahkan atas diri kita agar Roh Kudus memimpin kita ke dalam seluruh kebenaran. Jalan, kebenaran, dan hidup sebagaimana ditunjukkan oleh Yesus dan yang harus kita hidupi bukanlah kehidupan biasa. Itu sebabnya kita membutuhkan bimbingan yang tidak biasa, bimbingan dari Roh Kudus. Hanya Roh Kudus sajalah yang sanggup memimpin kita “ke dalam seluruh kebenaran.” Dengan demikian, pada akhirnya kita pun akan sampai kepada Bapa sebagaimana yang dijanjikan Yesus.



REFLEKSI:
Yesus sudah menunjukkan kepada kita kehidupan yang benar. Roh Kudus akan membimbing kita untuk menghidupinya.

Kis. 2:1-21; Mzm. 104:24-34, 35b; Rm. 8:22-27; Yoh. 15:26-27, 16:4b-15

Latest ARTICLE