07 April 2018 / Renungan Harian

Hidup Dalam Terang


media

Hidup Dalam Terang
Yohanes 12:44-50

Aku telah datang ke dalam dunia sebagai terang, supaya setiap orang yang percaya kepada-Ku, jangan tinggal di dalam kegelapan.” (Yoh. 12:46)

Beberapa jalan di sekitar daerah rumah kami telah dirapikan. Di beberapa tempat yang memang dirasa perlu juga sudah dipasang lampu-lampu jalan sebagai penerang. Namun, anehnya, tidak semua orang suka dengan kehadiran lampu-lampu penerang itu. Ada beberapa titik lampu yang dirusak dan dibuat tidak berfungsi sehingga daerah itu tetap gelap. Mengapa mereka tidak menyukai terang?

Ketika terang hadir, maka segala sesuatu yang ada di sekitarnya menjadi tampak jelas. Semua yang baik akan terlihat baik dan semua yang buruk akan terlihat buruk. Di dalam terang, perbuatan kebenaran akan tampak jelas dan perbuatan yang memalukan tidak lagi dapat disembunyikan. Orang-orang yang suka melakukan ketidakbenaran dan memiliki perbuatan yang memalukan tidak menyukai terang. Terang akan membuat ketidakbenaran dalam hidup mereka terlihat jelas.

Melalui tutur kata dan tindakan, Kristus datang membawa terang yang mengenyahkan kegelapan. Dalam terang-Nya, Kristus memerangi dan menelanjangi setiap perbuatan kegelapan. Ia tahu bahwa kegelapan hanya akan mendatangkan hukuman, tetapi terang yang dibawa-Nya akan memimpin setiap orang yang percaya kepada hidup yang kekal. Dalam kasih-Nya, Kristus sudah datang membawa terang yang menghidupkan supaya kita tidak lagi hidup dalam kegelapan yang membinasakan.



DOA:
Tuhan, kiranya terang-Mu terus hadir dalam hidup kami sehingga tidak ada lagi kegelapan di dalamnya. Amin.

Mzm. 133; Dan. 2:24-49; Yoh. 12:44-50

Latest ARTICLE