01 August 2017 / Renungan Harian

Hikmat dan Pengertian


media

Hikmat dan Pengertian

1 Raja-raja 4:29-34

Dan Allah memberikan kepada Salomo hikmat dan pengertian yang amat besar, serta akal yang luas seperti dataran pasir di tepi laut... (1Raj. 4:29)

Kata "hikmat" sinonim dengan kata kebijaksanaan, kecerdasan, akal budi, akal sehat, dan kecerdikan. Hikmat sering diartikan sebagai suatu pengertian dan pemahaman yang dalam mengenai orang, barang, kejadian, atau situasi yang menghasilkan kemampuan untuk menerapkan persepsi, penilaian, dan perbuatan sesuai dengan pengertian tersebut.

Setelah Salomo mempersembahkan korban bakaran di Gibeon, Allah menampakkan diri kepadanya lewat mimpi dan Allah berjanji akan mengabulkan permintaannya. Salomo tidak meminta umur panjang atau kekayaan atau nyawa musuh, tetapi ia meminta hikmat dari Allah untuk dapat menimbang segala perkara dan mampu bersikap sebagai raja yang adil bagi seluruh umat Israel. Tentu saja hal tersebut dipandang baik oleh Allah. Allah mengabulkan permohonan Salomo serta menambahkan bonus kekayaan dan kemuliaan (1Raj. 3:13). Hikmat dan kebijaksanaan Salomo melebihi semua orang (1Raj. 4:30-31). Salomo menjadi sangat produktif dan dicari oleh banyak orang untuk belajar tentang hikmat Allah.

Melalui kisah itu, kita diajak untuk mau belajar meminta apa yang baik dan benar dihadapan Allah. Meminta hikmat dan pengertian merupakan hal yang penting di dalam kehidupan kita. Dengan memiliki hikmat dan pengertian yang baik, kita akan dapat menjalani hidup dengan baik bahkan menjadi pemimpin yang baik karena selalu bijak dalam memutuskan perkara.

 


Refleksi:

Tuhan, berikanlah kami hikmat dan pengertian untuk dapat menimbang banyak perkara dan menolong sesama kami. Amin.

 

Mzm. 119:121-128; 1Raj. 4:29-34; Ef. 6:10-18

Latest ARTICLE