23 May 2017 / Renungan Harian

Ingin Hari Anda Baik


media

Ingin Hari Anda Baik?

1 Petrus 3:8-12

"Siapa yang mau mencintai hidup dan mau melihat hari-hari baik, ia harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat dan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu." (1Ptr. 3:10)

Apa dan siapa yang menentukan hari-hari yang kita jalani itu baik, damai, dan membahagiakan? Mungkin ada yang menjawab bahwa penentunya adalah kekayaan, kedudukan, nasib baik, atau orang di sekitarnya. Kita sering lupa bahwa kita sendiri yang menentukan keadaan yang kita jalani.

Bacaan Alkitab hari ini mengajak kita untuk melihat bahwa salah satu yang menentukan kebaikan itu adalah bagaimana kita menjaga lidah kita terhadap yang jahat dan bibir kita terhadap ucapan yang menipu. Hal ini penting karena lidah, meskipun bagian tubuh yang kecil, memiliki dampak besar. Melalui lidah, damai bisa terwujud, tetapi melalui lidah juga damai bisa terkoyak. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk terus berupaya mengendalikan lidah agar mendatangkan kebaikan yang tidak hanya untuk diri kita sendiri, tetapi juga untuk orang di sekitar kita.

Dengan ucapan yang jauh dari yang jahat dan tipuan, maka orang yang mendengarkan pun akan bereaksi dengan baik. Ucapan yang jahat hampir pasti akan direspons dengan ucapan atau tindakan yang jahat. Tipuan pun akan berdampak ketidakbaikan bagi semua orang. Sedangkan, ucapan bijaksana dan meneduhkan akan menjadi berkat bagi banyak orang dan juga bagi yang mengucapkannya. Itulah yang dikehendaki Tuhan dalam hidup kita sebagai orang percaya yang telah dilahirkan kembali oleh kasih karunia Tuhan untuk hidup baru.

 


Refleksi:

Kita tentu ingin hari-hari hidup yang dijalani adalah baik dan indah. Mulailah mewujudkannya melalui kata-kata yang baik.

 

Mzm. 93; Ul. 5:22-33; 1Ptr. 3:8-12

Latest ARTICLE