09 April 2018 / Renungan Harian

Inilah Tandanya!


media

Inilah Tandanya!
1 Yohanes 2:3-11

Dan inilah tandanya, bahwa kita mengenal Allah, yaitu jikalau kita menuruti perintah-perintah-Nya. (1Yoh. 2:3)

Bagaimana kita tahu bahwa kita sudah ada di dalam Allah dan Allah di dalam kita? Dengan apa kita membuktikannya? Ada orang yang menjadikan berkat Allah berupa kekayaan, kesuksesan, dan kesehatan sebagai tanda kehadiran Allah dalam hidup mereka. Ada juga yang menjadikan karunia rohani seperti berbahasa Roh, menyembuhkan, atau melakukan mukjizat sebagai kriteria utamanya. Maka, orang yang tidak memiliki tanda atau memenuhi kriteria tersebut dianggap sebagai orang yang belum mengenal Allah, yang hidupnya jauh dari berkat Allah.

Namun, sebagaimana diungkapkan dalam Surat Yohanes ini, ada atau tidak adanya berkat Tuhan atau karunia rohani tertentu tidak dapat dijadikan kriteria pengukur kehadiran Allah dalam hidup kita. Rasul Yohanes dengan tegas mengatakan bahwa tanda yang pasti dari orang yang mengenal Allah adalah kesediaan mereka untuk taat melakukan perintah-perintah Allah dalam hidup mereka. Bagaimana kita berlaku di hadapan Allah dan bagaimana kita memperlakukan sesama kita akan memperlihatkan dengan jelas apakah kita mengenal Allah atau tidak. Itulah tandanya.

Sekali pun kita mengalami banyak kesusahan dan pergumulan, selama kita menaati firman Allah, kita dapat dengan yakin berkata bahwa kita tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam kita. Itulah keyakinan iman kita.


 

DOA:
Tuhan, mampukan kami untuk hidup sesuai dengan kehendak-Mu agar dunia tahu bahwa kami mengenal Engkau dan hidup di dalam Engkau. Amin.

Mzm. 135; Dan. 3:1-30; 1Yoh. 2:3-11