05 October 2017 / Renungan Harian

Intisari Agama


media

Intisari Agama

Kolose 2:16-23

...semuanya ini hanyalah bayangan dari apa yang harus datang, sedang wujudnya ialah Kristus. (Kol. 2:17)

Apakah intisari dari agama? Apakah serangkaian upacara yang dilaksanakan dengan tepat mengikuti urutan yang telah ditentukan? Apakah sekumpulan anjuran dan larangan yang dengan hati-hati selalu kita usahakan untuk mematuhinya? Atau apa?

Kita mengaku sebagai orang Kristen. Namun, di dalam kekristenan sendiri kita bisa tercengang dengan begitu banyak perbedaan tata cara dan peraturan-peraturannya. Ada aliran kekristenan yang melarang makan makanan tertentu. Ada lagi yang mengharuskan baptisan hanya dengan cara tertentu. Ada juga yang mensyaratkan model pakaian tertentu untuk beribadah. Kita bisa menjadi lebih terkejut lagi apabila menyaksikan begitu banyak permusuhan dan perpecahan yang timbul karena semua perbedaan tersebut.

Bagaimana dengan kita? Sebagai orang Kristen di Indonesia, tentu kita masuk ke dalam salah satu dari begitu banyak tradisi kekristenan yang ada di Nusantara ini. Semua itu merupakan kekayaan tradisi beriman yang dipegang dan diteruskan dari satu komunitas kepada penerusnya. Dengan cara demikianlah, gereja di seluruh dunia telah berkembang dari zaman ke zaman. Namun, dalam memegang teguh semua peraturan dan tradisi yang kita miliki masing-masing, kita perlu merenungkan satu hal ini: "Apakah benar Kristus dimuliakan melalui semua itu?" Segala sesuatu yang kita pelihara dalam hidup beriman seharusnya mencerminkan Kristus.

 


Doa:

Tuhan, kiranya kehidupan beragama kami sunguh menghadirkan Kristus di tengah masyarakat kami. Amin.

 

Mzm. 80:8-16; Yer. 2:14-22; Kol. 2:16-23

Latest ARTICLE