20 August 2017 / Renungan Harian

Jadilah Kepadamu Seperti yang Kau Kehendaki


media

Jadilah Kepadamu Seperti yang Kau Kehendaki

Matius 15:21-28

"Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kau kehendaki." (Mat. 15:28)

Apakah Anda pernah dihina orang? Bagaimana rasanya? Tentu sangat tidak menyenangkan. Tidak jarang kita menjumpai orang yang dihina menjadi sangat marah dan sulit mengendalikan emosi sehingga melakukan tindak kekerasan bahkan pembunuhan.

Kisah di dalam Matius 15:21-28 haruslah dibaca dengan mata hati. Tuhan Yesus menggunakan kata anjing untuk merujuk bangsa non-Yahudi sebagaimana orang-orang Yahudi kala itu mengatakannya. Tampaknya ia ingin mengetahui keteguhan hati dan iman perempuan Kanaan itu. Perempuan Kanaan itu berhasil mengendalikan diri dan mengatasi situasi dengan begitu baik demi kesembuhan anak perempuannya. Perempuan itu tetap memohon belas kasihan Tuhan. Ia menerima dan tidak tersinggung dengan julukan itu. Sebaliknya, ia dengan tulus dan berani menjawab dengan tenang dan penuh kerendahan hati. Tanggapan perempuan Kanaan itu menunjukkan keteguhan hati dan imannya. Ia berani menembus batas-batas budaya, tradisi, dan gender dengan ketabahan dan keberanian. Itulah yang membuat Tuhan Yesus kagum dan mengabulkan permohonannya.

Kisah perempuan Kanaan itu dapat menolong kita untuk belajar hidup beriman dalam keteguhan dan kerendahan hati, bahkan menembus tembok-tembok pembatas dengan ketabahan dan keberanian. Niscaya Tuhan akan melihat iman kita.

 


Doa:

Tuhan, beri kami kemampuan untuk hidup beriman dengan kerendahan hati.  Amin.

 

Yes. 56:1, 6-8; Mzm. 67; Rm. 11:1-2a, 29-32; Mat. 15: (10-20), 21-28

Latest ARTICLE