29 July 2018 / Renungan Harian

Jangan Meremehkan


media
Jangan Meremehkan
Yohanes 6:1-21
 
Di sini ada seorang anak, yang mempunyai lima roti jelai dan dua ikan; tetapi apakah artinya itu untuk orang sebanyak ini?” (Yoh. 6:9)
Minimal ada dua hal yang sering kita remehkan dalam hidup, yakni: anak kecil dan sesuatu yang kita miliki. Yang pertama kita remehkan dengan berkata, “Mereka masih kecil dan tidak tahu apa-apa,” akibatnya kita enggan meminta pendapat mereka. Yang kedua kita remehkan dengan melihat “rumput tetangga selalu lebih hijau” sehingga yang kita punya selalu kurang bagus.
Ketika Yesus memerintahkan para murid, “… supaya mereka ini dapat makan” (ay. 5), para murid angkat tangan tanda menyerah. Hal ini terlihat dari pernyataan mereka. Filipus berkata tentang dana yang kurang, “… dua ratus dinar tidak akan cukup,” sedangkan Andreas melihat bahwa yang mereka miliki tidak ada artinya. Katanya kepada Yesus, “… seorang anak mempunyai lima roti jelai dan dua ikan; apakah artinya itu untuk orang sebanyak ini?” (ay. 9). Di sini Andreas melihat bahwa yang dimiliki anak kecil itu atau bahkan anak kecil itu sendiri tidak ada artinya untuk mengatasi masalah super besar yang sedang mereka hadapi. Begitulah tanggapan para murid menjawab ajakan Yesus. Mereka menyepelekan apa yang mereka miliki.
Lewat kisah ini, Yesus mengajak kita untuk melihat bahwa yang ada pada kita sangat berharga dalam menghadapi tantangan hidup. Jangan pernah meremehkan apa yang kita punya. Bawalah kepada-Nya dan Ia akan memberkati-Nya.

REFLEKSI:
Jangan meremehkan apa pun yang kita punya, sebab itu adalah berkat Tuhan untuk kita kelola.
 
2Raj. 4:42-44; Mzm. 145:10-18; Ef. 3:14-21; Yoh. 6:1-21

Latest ARTICLE