17 June 2018 / Renungan Harian

Jangan Remehkan Yang Kecil!


media
Jangan Remehkan Yang Kecil!
Markus 4:26-34
 
Hal Kerajaan itu seumpama biji sesawi yang ditaburkan di tanah. Memang biji itu yang paling kecil dari pada segala jenis benih yang ada di bumi.” (Mrk. 4:31)
Sampai usia 9 tahun, anak lelaki itu mengalami keterlambatan bicara. Ia berbicara perlahan sekali. Orangtuanya khawatir anaknya mungkin mengalami keterbelakangan mental. Sebagian orang menganggap anak tersebut tidak berpotensi. Tahukah Anda siapa anak itu? Ia adalah Albert Einstein, si genius penemu Teori Relativitas yang terkenal itu.
Hal-hal yang kecil, apalagi yang di bawah standar umum, sering kali diremehkan orang. Namun, bagi Tuhan Yesus, justru yang kecil itu bisa mempunyai potensi yang besar. Contohnya, biji sesawi. Sesawi di sini bukan sayur sawi yang biasa kita makan, melainkan sejenis sesawi yang bisa tumbuh besar sampai sekitar 4 meter. Karena itu, burung-burung bisa bersarang di dahannya. Hal Kerajaan Allah diumpamakan seperti biji sesawi itu. Kelihatannya kecil, tetapi ia bisa bertumbuh menjadi besar. Itulah Kerajaan Allah, pemerintahan Allah yang secara nyata dimulai dengan kedatangan Tuhan Yesus sebagai manusia biasa dari Nazaret (Yoh. 1:46). Banyak orang tidak percaya kepada Yesus, tetapi setelah kebangkitan Yesus, mereka sadar bahwa Yesus adalah Mesias, Sang Penyelamat dunia.
Sering kali orang memandang rendah mereka yang kecil atau berkekurangan. Namun, sesungguhnya Tuhan menghargai mereka dan dapat memakai mereka untuk hal-hal yang mulia. Oleh karena itu, marilah kita menghargai siapa pun juga seperti Tuhan menghargai mereka.

DOA:
Tuhan, ajarlah kami untuk bisa menghargai mereka yang kecil, biasa-biasa saja, dan sederhana. Amin.
 
Yeh. 17:22-24; Mzm. 92:2-5, 13-16; 2Kor. 5:6-10, (11-13), 14-17; Mrk. 4:26-34

Latest ARTICLE