26 August 2018 / Renungan Harian

Kami Telah Percaya


media

Kami Telah Percaya
Yohanes 6:56-69

Dan kami telah percaya dan tahu, bahwa Engkau adalah Yang Kudus dari Allah.” (Yoh. 6:69)

Saya berasal dari keluarga Kristen yang cukup taat. Seperti lazimnya anak-anak yang lahir dalam keluarga Kristen, saya mengikuti berbagai kegiatan di gereja. Saya menikmati mendengarkan kisah-kisah menakjubkan dalam Alkitab. Ketika beranjak remaja dengan berkembangnya daya nalar dan pengetahuan, saya mulai mempertanyakan kisah-kisah menakjubkan tersebut. Bagaimana Yunus bisa hidup dalam perut ikan? Bagaimana Musa membelah Laut Teberau?

Perkataan Yesus: “Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia” (ay. 56) mengguncang murid-murid-Nya. Sebagai manusia normal mereka tentu tidak dapat menerima perkataan Yesus itu karena terdengar sadis dan barbar. Banyak dari murid-murid Yesus yang mengundurkan diri dan tidak lagi mengikut Dia. Mereka dengan cepat memutuskan tanpa berusaha mendalami perkataan Yesus.

Sesungguhnya ada banyak hal di dalam Alkitab yang dapat mengguncang iman dan membuat kita tidak percaya. Berbahagialah kita saat ini karena kita telah tahu bahwa perkataan Yesus tersebut tidak dapat diartikan secara harfiah. Ternyata butuh waktu untuk mencerna perkataan Yesus dan berbagai kisah menakjubkan dalam Alkitab tidak hanya dengan akal tetapi juga dengan tuntunan Roh-Nya. Bagi saya pada akhirnya terjawab bahwa Allah sanggup melakukan berbagai hal yang melampaui akal saya.


DOA:
Bimbing aku dalam Roh-Mu agar aku semakin mengerti kata dan karya-Mu dalam hidup ini. Amin!

Yos. 24:1-2a, 14-18; Mzm. 34:16-23; Ef. 6:10-20; Yoh. 6:56-69

Latest ARTICLE