24 August 2017 / Renungan Harian

Kamu Telah Dikuduskan


media

Kamu Telah Dikuduskan

1 Korintus 6:1-11

Tetapi kamu telah memberi dirimu disucikan, kamu telah dikuduskan, kamu telah dibenarkan dalam nama Tuhan Yesus Kristus dan dalam Roh Allah kita. (1Kor. 6:11)

Perselisihan atau konflik bisa terjadi di mana saja, termasuk di dalam jemaat. Karena itu, kita membutuhkan firman Tuhan, kearifan, dan kecakapan dalam hidup bersama. Ketika perselisihan terjadi, kita perlu bersedia untuk mengatasinya sebagai sesama umat Tuhan dan tidak menurut cara-cara duniawi.

Di jemaat Korintus, perselisihan juga pernah terjadi. Rasul Paulus berusaha menasihati mereka sebab di antara mereka ada yang lebih memilih perkaranya dibawa ke pengadilan duniawi daripada diselesaikan bersama sebagai jemaat Tuhan. Paulus mengingatkan bahwa pilihan seperti itu tidak selalu baik, bahkan dapat merusak kehidupan jemaat Tuhan. Ia juga menekankan bahwa bagaimana pun hukum kasih harus diingat dan dikedepankan.

Anugerah Allah mestinya juga memampukan orang Kristen untuk bertindak bijaksana dan murah hati satu terhadap yang lain sebagaimana Allah telah bertindak terhadap mereka. Jika orang Kristen hanya membalas kejahatan dengan kejahatan dan menipu saudaranya, mereka akan dihakimi dan gagal mewarisi Kerajaan Allah. Hal itu pula yang diingatkan kepada kita. Mengutamakan firman Tuhan dan hidup dalam kearifan adalah hal yang sangat penting di tengah jemaat Tuhan yang begitu banyak dan beraneka latar belakang. Sebagai orang yang telah menerima anugerah Tuhan, kita mesti menjaga kekudusan hidup kita.

 


Doa:

Tuhan, terima kasih untuk anugerah-Mu. Mampukan kami untuk hidup dalam kekudusan.  Amin.

 

Mzm. 138; Yeh. 28:11-19; 1Kor. 6:1-11

Latest ARTICLE