28 July 2018 / Renungan Harian

Kebutuhan Pokok


media
Kebutuhan Pokok
Yohanes 4:31-38
 
Kata Yesus kepada mereka: “Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaan-Nya.” (Yoh. 4:34)
Yohanes 4:1-42 terdiri dari dua cerita. Pertama, percakapan antara Yesus dengan perempuan Samaria; kedua, percakapan antara Yesus dengan murid-murid-Nya. Kedua cerita ini berkaitan erat satu dengan lainnya, bahkan cerita kedua adalah kelanjutan cerita yang pertama.
Dalam cerita pertama, Yesus menjelaskan kepada perempuan Samaria tentang air hidup yang membuat orang tidak akan haus lagi. Dalam cerita kedua, Yesus menjelaskan kepada para murid tentang makanan. Kisahnya bermula saat para murid mengajak Yesus makan. Ajakan para murid dijawab Yesus dengan berkata, “Pada-Ku ada makanan yang tidak kamu kenal.” Mendengar jawaban Yesus, murid-murid-Nya bingung karena mereka tidak mengetahui maksud-Nya. Sesungguhnya, dengan perkataan-Nya, Yesus sedang mengajar para murid. Seperti makan merupakan sesuatu yang penting dan pokok bagi setiap manusia maka bagi Yesus melakukan kehendak Bapa dan mengerjakan pelayanan merupakan sesuatu yang penting dan pokok. Yesus mengajar orang Samaria dan para murid tentang kebutuhan mereka yakni: air dan makanan. Kedua hal ini digambarkan dalam diri Yesus.
Bila kita diajak melayani di jemaat, sering kali kita menganggap gereja membutuhkan pelayanan kita. Padahal, sesungguhnya kitalah yang membutuhkan pelayanan. Pelayanan merupakan kebutuhan pokok kita agar iman kita kepada Tuhan bertumbuh.

REFLEKSI:
Jangan jemu melayani Tuhan sekalipun banyak tantangan dan rintangan.
 
Mzm. 145:10-18; 2Raj. 4:38-41; Yoh. 4:31-38

Latest ARTICLE