05 March 2018 / Renungan Harian

Kekudusan Dan Integritas


media

Kekudusan Dan Integritas


1 Korintus 3:10-23

Sebab bait Allah adalah kudus dan bait Allah itu ialah kamu. (1Kor. 3:17)

“Orang percaya kok begitu? Katanya umat kudus, kok malah hidup semrawut? Itu kudus atau kudis?” Pernahkah Anda mendengar ucapan seperti itu? Tentu ada sebabnya bila orang sampai mengucapkan kata-kata itu. Ucapan itu membuat kita perlu bertanya: apa tanda kualitas hidup kudus yang mesti ditampilkan umat Tuhan?

Paulus mengingatkan orang percaya di Korintus untuk memperhatikan bagaimana mereka membangun kehidupan. Mereka mesti mengingat statusnya sebagai umat kudus. Allah telah berkenan hadir dan menyatakan kasih-Nya kepada mereka sebagaimana dulu Allah berkenan hadir dalam Bait Allah sehingga mereka menjadi umat yang kudus. Karena itu, mereka mesti menjaga kekudusan hidup yang sudah dianugerahkan Tuhan. Konsistensi dan keselarasan antara statusnya sebagai umat kudus dan perilaku hidup sehari-hari harus terjaga. Jangan sampai perilaku tidak sesuai dengan status. Itu berarti umat yang telah dikuduskan mesti hidup dengan integritas diri: satunya iman dan perbuatan.

Integritas adalah penanda kualitas hidup kudus. Artinya, sebagai orang beriman, kita perlu menghadirkan sikap etis yang sesuai dengan iman kita. Jangan sampai orang meragukan iman dan status kita dengan berkata: “Orang percaya kok begitu?” Kita harus konsisten menjaga satunya kata dan tindakan, padunya iman dan perbuatan.


 

REFLEKSI:

Kekudusan tidak didapat secara gratis, tetapi dengan penebusan Kristus. Tetaplah kudus dengan menjaga integritas hidup beriman.

Mzm. 84; 1Raj. 6:1-4, 21-22; 1Kor. 3:10-23

Latest ARTICLE