25 December 2017 / Renungan Harian

Kepada yang Rendah dan Hina


media

Kepada yang Rendah dan Hina

Lukas 2:1-20

"Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud". (Luk. 2:11)

Para gembala lebih sering berada bersama hewan gembalaanya di padang luas. Karena itu, mereka kerap digolongkan sebagai orang yang kurang beradab. Mereka juga kerap dicap sebagai penipu. Mereka dapat melaporkan kepada tuannya bahwa seekor domba telah dimakan binatang buas, padahal mereka yang mencurinya sendiri. Ada juga gembala yang tidak bertanggung jawab. Mereka lari saat dombanya diserang binatang buas. Memang tidak semua gembala berperilaku buruk. Oleh karena itu, Yesus pernah membuat perumpamaantentang gembala yang baik dan yang jahat.

Injil Lukas menceritakan bahwa para gembalalah yang mendapat berita kelahiran Sang Mesias untuk pertama kalinya. "Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud". Perkataan malaikat itu memecah keheningan di padang saat para gembala sedang berjaga. Mungkin muncul pertanyaan di benak kita, apakah orang banyak akan percaya bila para gembala meneruskan berita kelahiran Sang Mesias itu? Mungkin saja. Namun, maksud Allah yang utama adalah Dia ingin menyapa orang-orang yang dianggap rendah dan hina oleh sesama manusia.

Kepada kita yang rendah dan hina karena dosa, ingatlah bahwa Mesias datang kepada para gembala yang rendah dan hina. Yang terpenting kita mau seperti mereka, yaitu bersedia membuka hati untuk berita itu dan menjadi percaya. Jika kita rendah hati, kita akan melihat Tuhan yang menyapa kita.

 


Doa:

Tuhan, kami mengucap syukur karena Engkau bersedia melawat kami dengan kasih-Mu. Amin.

 

Yes. 9:2-7; Mzm. 96; Ti. 2:11-14; Luk. 2:1-14 [15-20]

Latest ARTICLE