04 May 2017 / Renungan Harian

Ketika Difitnah


media

Ketika Difitnah

1 Petrus 2:9-12

Milikilah cara hidup yang baik... supaya apabila mereka memfitnah kamu sebagai orang durjana, mereka dapat melihatnya dari perbuatan-perbuatanmu yang baik... (1Ptr. 2:12)

Bagaimana reaksi Anda ketika difitnah? Ada berbagai reaksi yang bisa muncul ketika orang difitnah: marah, sakit hati, ingin membalas, atau ingin membuktikan siapa yang benar. Reaksi seperti itu biasanya berbuahkan tindakan negatif yang tidak hanya merugikan orang lain tetapi juga diri sendiri karena hati kita makin panas dan tidak damai sejahtera.

Firman Tuhan hari ini mengingatkan kita agar menanggapi fitnah dengan perbuatan baik. Bahkan, kita dipanggil untuk memiliki cara hidup yang baik. Apa pun yang terjadi di dalam kehidupan kita, kita harus berperilaku yang baik. Dengan demikian, perbuatan baik bukan sekadar reaksi atas perilaku yang tidak baik, melainkan menjadi gaya hidup atau way of life.

Apa pentingnya memiliki cara hidup yang baik? Petrus mengatakan, "Supaya apabila mereka memfitnah kamu sebagai orang durjana, mereka dapat melihatnya dari perbuatan-perbuatanmu yang baik dan memuliakan Allah pada hari Ia melawat mereka." (ay. 12). Sebaik dan sefasih apapun kita meyakinkan orang tentang sebuah kebenaran, tetapi jika tidak didukung dengan perilaku kita yang baik, usaha kita akan sia-sia. Sebaliknya, jika kebaikan telah menjadi gaya hidup kita, maka orang lain harus berpikir ulang ketika ingin melontarkan fitnah.

Mari kita membalas fitnah dengan kebaikan dan menjadikan kebaikan sebagai gaya hidup kita karena kita milik Allah.

 


Refleksi:

Sikap kita seharusnya tidak ditentukan oleh sikap orang lain.

 

Mzm. 23; Kel. 2:15b-25; 1Ptr. 2:9-12

Latest ARTICLE