26 April 2017 / Renungan Harian

Lebih Dari Tanda


media

Lebih Dari Tanda

Matius 12:38-42

"...sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus!" (Mat. 12:41)

Seringkali kecelakaan lalu lintas terjadi karena ketidakpatuhan pengendara terhadap rambu-rambu lalu lintas. Rambu-rambu itu dilihat hanya sebatas penghias jalan saja. Pesan yang ada di balik rambu-rambu itu diabaikan dan dilanggar.

Allah menggunakan berbagai cara untuk menyelamatkan manusia. Pada zaman dahulu kala, Ia mengutus para nabi untuk memberitakan pertobatan dan keselamatan. Kemudian, Ia memutuskan untuk berada bersama manusia dalam diri Yesus. Sejak dulu, tujuan-Nya tidak pernah berubah, yaitu: menyatakan keselamatan bagi semua manusia. Ia ingin agar manusia tidak hanya melihat pada tanda yang tampak saja, tetapi pada apa yang ada di balik tanda itu. Semua perbuatan Allah menyatakan kasih-Nya yang besar bagi dunia ini. Melalui Yesus, setiap orang dimungkinkan berjumpa dengan Allah dan mengalami perubahan hidup, yaitu, pertobatan. Orang Farisi sepertinya tidak paham akan hal itu. Mereka memnita tanda dari Yesus. Mereka hanya terpaku pada tanda itu karena mereka berpikir bahwa melalui tanda itu, mereka mungkin bisa percaya kepada apa yang telah diperbuat-Nya. Namun, hal itu tidak membawa mereka kepada pertobatan.

Apakah kita masih menuntut tanda dari Tuhan untuk menjadi percaya? Bukankah Ia mengatakan "berbahagialah mereka yang tidak melihat namun percaya?" Ia lebih dari sekadar tanda. Yesus adalah Allah sendiri yang hadir di tengah-tengah kita.

 


Doa:

Tuhan, mampukan kami menyatakan kasih-Mu agar, melalui kami, orang lain melihat tanda kasih dan kehadiran-Mu. Amin.

 

Mzm. 114; Yun. 2:1-10; Mat. 12:38-42

Latest ARTICLE