22 August 2018 / Renungan Harian

Lola Banget


media

Lola Banget
Markus 8:14–21

Lalu kata-Nya kepada mereka: “Masihkah kamu belum mengerti?” (Mrk. 8:21)

“Lola” yang dimaksud di sini ternyata bukan nama orang, tapi merupakan singkatan dari “loading lama.” Kata lola ini awalnya dipakai untuk menggambarkan komputer atau HP yang proses loading-nya lama, tetapi lama-lama dipakai juga untuk menunjuk seseorang yang lama memahami sesuatu, tidak nyambung, lambat mengerti dan sebagainya.

Murid-murid Yesus pun rupanya kerap mengalami lola atas perkataan gurunya. Mereka lambat memahami, tidak nyambung dengan maksud Sang Guru. Yesus tengah memperingatkan murid-murid tentang ragi orang Farisi dan ragi Herodes. Di dalam pembuatan roti, ragi adalah salah satu bahan yang dipakai untuk membuat adonan menjadi mengembang. Kata ragi ini dipakai untuk menggambarkan kehidupan yang penuh dengan kepura-puraan atau kepalsuan. Yesus kerap mengkritik kehidupan orang-orang Farisi yang seakan-akan penuh kesalehan namun ternyata diselubungi kemunafikan. Sementara Herodes juga digambarkan sebagai seorang yang ambisius dan penuh tipu daya politiknya. Yesus menegur ketidakmengertian murid-murid-Nya yang menyangka Yesus berbicara tentang bekal roti yang mereka lupa bawa dan hanya sebuah saja yang ada pada mereka.

Dalam perjalanan hidup, sadarkah kita bahwa kita pun kerap lola banget? Kita tidak mudah memahami kehendak-Nya dalam hidup kita. Mari mohon kekuatan supaya kita lebih memahami kehendak-Nya.


DOA:
Tuhan, tolonglah kami yang tidak mengerti ini, supaya semakin mengerti kehendak-Mu dan bersedia melakukan kehendak-Mu itu.

Mzm. 36; Kej. 47:13-26; Mrk. 8:14-21

Latest ARTICLE