23 December 2017 / Renungan Harian

Luasnya Ruang Lingkup Karya ALLAH


media

Luasnya Ruang Lingkup Karya ALLAH

Yohanes 7:40-52

Yang lain berkata: "Ia ini Mesias." Tetapi yang lain lagi berkata: "Bukan, Mesias tidak datang dari Galilea!" (Yoh. 7:41)

Sadiq Khan adalah imigran muslim keturunan Pakistan. Pada 7 Mei 2016 ia menjadi Walikota London, ibu kota Inggris. Berita itu menjadi trending topic karena begitu fenomenal. Bahkan, Sadiq sendiri tidak membayangkan akan menjadi pemimpin di sebuah kota dan negeri yang mayoritas penduduknya beragama Kristen. Saat pemilihan, isu SARA dimainkan untuk menggagalkannya sebagai wali kota. Namun, usaha itu gagal dan Sadiq Khan menjadi wali kota.

Yesus pun pernah menjadi korban permainan isu semacam itu. Ketika Yesus makin dikenal banyak orang, mereka berpendapat bahwa Ia adalah Mesias yang dinanti-nantikan. Namun, tidak sedikit orang, terutama dari kalangan ulama atau pemimpin agama, yang meragukan kemesiasan Yesus. Apalagi, Yesus banyak mengajar dan berkarya di Galilea di tengah-tengah rakyat jelata. Menurut mereka, "Mesias tidak datang dari Galilea". Mereka tampaknya terjebak dalam sebuah keyakinan sempit bahwa Mesias harus dari daerah tertentu yang lebih terpelajar dan terhormat, bukan dari daerah rakyat kebanyakan. Bisa jadi isu dikotomi kaum atas dan bawah itu juga dimainkan oleh lawan-lawan Yesus pada saat itu.

Kita kerap menjumpai Allah berkarya di luar batasan pemikiran kita yang sempit. Karena itu, kita perlu membuka hati dan pikiran kita pada karya Allah.

 


Doa:

Tuhan, kami ingin membuka hati dan pikiran kami untuk karya-Mu yang melampaui pikiran kami. Amin.

 

Mzm. 89:2-5, 20-27; Hak. 13:2-24; Yoh. 7:40-52

Latest ARTICLE