27 April 2017 / Renungan Harian

Lulus Uji


media

Lulus Uji

1 Petrus 1:8b-12

...karena kamu telah mencapai tujuan imanmu, yaitu keselamatan jiwamu. (1Ptr. 1:9)

Ancaman teror, bencana alam, dan penyakit merupakan hal-hal yang dapat menguji keimanan kita. Melalui ujian itu, iman kita bisa makin bertumbuh dan menghasilkan buah kebaikan atau sebaliknya, mati dan tidak lagi beriman kepada Tuhan.

Petrus mengungkapkan bahwa iman Kristen kepada Allah memiliki akar yang kuat dalam Perjanjian Lama. Hal itu dibuktikan melalui pengalaman hidup para nabi yang menyatakan karya keselamatan Allah. Karya keselamatan Allah itu berpuncak pada penyataan diri-Nya dalam Yesus. Yesus yang rela mati di kayu salib memberi pengharapan baru kepada manusia, yaitu pengharapan akan adanya keselamatan kini dan nanti. Tidak hanya itu, bagi Petrus, iman Kristen memiliki nilai yang tinggi, lebih tinggi nilainya dari Emas (ay.7). Petrus mengungkapkan hal itu untuk memberi makna pada pengalaman mereka yang tengah berjuang di tengah tantangan iman mereka dan juga untuk membangkitkan pengharapan dan ketekunan mereka. Sebagaimana penderitaan mengantar Kristus kepada kemuliaan, demikian juga pencobaan yang mereka alami akan mengantar mereka kepada kemuliaan.

Iman kita diuji oleh beragam tantangan hidup. Tantangan yang kita alami kiranya dapat membentuk kita menjadi sangat berharga melebihi apapun yang kita miliki. Roh Kristus memampukan kita untuk bisa melalui ujian iman dengan tetap memiliki pengharapan kepada Allah yang telah menyatakan keselamatan-Nya dulu, sekarang, dan selama-lamanya.

 


Doa:

Tuhan, isi hati kami dengan Roh-Mu dan jadikan laku hidup kami serupa dengan-MU. Amin.

 

Mzm. 116:1-4, 12-19; Yes. 25:1-5; 1Ptr. 1:8b-12

Latest ARTICLE