24 April 2018 / Renungan Harian

Makin Besar Dalam Penyertaan Tuhan


media

Makin Besar Dalam Penyertaan Tuhan
1 Tawarikh 11:1-9

Lalu makin lama makin besarlah kuasa Daud, sebab TUHAN semesta alam menyertainya. (1Taw. 11:9)

Dalam Mazmur 127, Pemazmur berkata, “Jikalau bukan TUHAN yang membangun rumah, sia-sialah usaha orang yang membangunnya; jikalau bukan TUHAN yang menjaga kota, sia-sialah pengawal berjaga-jaga.” Pemazmur ingin mengatakan bahwa Tuhan adalah sumber segala berkat dalam hidup kita. Hanya jika Tuhan berkenan memberi, maka kita bisa mendapat. Ketika Tuhan berkenan, tidak ada seorang pun yang dapat menghalangi berkat-Nya turun dalam hidup kita.

Daud telah dipilih dan diurapi oleh Tuhan menjadi raja atas Israel untuk menggantikan Saul. Saul telah ditolak Tuhan. Namun, Saul tidak tunduk pada keputusan Tuhan. Ia malah terus berusaha untuk menangkap dan mencelakakan Daud. Saul tidak ingin Daud menjadi raja menggantikan dia. Sekalipun Saul terus berusaha, tidak satu pun usahanya diberkati Tuhan karena Tuhan tidak menghendaki Daud celaka. Malah sebaliknya, celaka datang menimpa Saul dan anak-anaknya (1Taw. 10). Setelah kematian Saul, Daud tidak memanggil bangsa Israel untuk datang kepadanya dan mengangkatnya menjadi raja. Sebaliknya, mereka yang datang kepadanya di Hebron. Tuhan menyertai Daud sehingga makin besarlah kuasa Daud.

Jangan iri pada orang yang melakukan kejahatan. Jika Tuhan berkenan memberkati kita, maka tidak ada yang dapat menghalangi Tuhan. Meski sulit jalan yang harus kita tempuh, tetaplah berjalan bersama-Nya.



DOA:
Tuhan, kami yakin bahwa tidak ada kuasa yang dapat menghalangi berkat yang Engkau sediakan bagi kami. Amin.

Mzm. 95; 1Taw. 11:1-9; Why. 7:13-17

Latest ARTICLE