05 April 2017 / Renungan Harian

Masa Depan Dimulai Hari Ini


media

Masa Depan Dimulai Hari Ini

Yeremia 32:1-9, 36-41

"Maka mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku akan menjadi Allah mereka. " (Yer. 32:38)

Beragam cara dilakukan manusia untuk dapat bertahan dan meningkatkan kualitas hidup. Berinvestasi salah satunya. Bentuknya pun beraneka rupa, dari yang sederhana hingga yang rumit. Semuanya diupayakan orang agar memperoleh jaminan dan kepastian akan hidup yang lebih baik di masa kini dan masa yang akan datang.

Jaminan kepastian akan kesejahteraan dan ketenteraman merupakan hal yang didambakan semua orang, tak terkecuali umat Allah yang kala itu sedang berada di tengah pembuangan. Berita mengenai kelepasan yang disampaikan Yeremia bak hujan di musim kemarau panjang yang memberi kesegaran dan harapan akan hidup baru yang lebih baik. Allah mendidik umat-Nya agar percaya pada rencana-Nya. Ia meminta Yeremia untuk mempersiapkan tempat di mana Ia akan membangun kembali umat yang semula memberontak menjadi umat yang setia kepada-Nya (ay.37-39). Allah Israel adalah Allah yang tidak pernah meninggalkan perbuatan tangan-Nya (ay.42). Ia memakai segala kondisi yang ada untuk kebaikan dan pemulihan umat yang dikasihi-Nya.

Ladang adalah simbol eksistensi sebuah bangsa, sekaligus menjadi tempat manusia dan segala makhluk hidup bersama. Masa depan kehidupan semua makhluk di bumi ini berada di bawah kuasa Allah. Manusia diajak untuk menyelaraskan tindakannya sesuai dengan rencana Allah yang mendatangkan kebaikan tidak hanya bagi manusia tetapi bagi semua ciptaan.

 


Doa:

Tuhan, kami bersyukur kepada-Mu karena Engkau menjamin seluruh keberlangsungan hidup kami kini dan nanti. Amin.

 

Mzm. 143; Yer. 32:1-9, 36-41; Mat. 22:23-33

Latest ARTICLE