01 June 2017 / Renungan Harian

Mata TUHAN


media

Mata TUHAN

Mazmur 33:12-22

Sesungguhnya, mata TUHAN tertuju kepada mereka yang takut akan Dia, kepada mereka yang berharap akan kasih setia-Nya... (Mzm. 33:18)

Mata adalah indra penglihatan. Dengan mata yang tajam, elang bisa mengatur jarak saat menyerang mangsa dengan kecepatan tinggi. Dengan mata, manusia bisa melihat keindahan yang ada di sekelilingnya, bahkan bisa melihat setiap kebaikan dalam kehidupan ini. Lalu, bagaimana dengan mata Tuhan?

Mata Tuhan tertuju kepada semua orang, tetapi secara khusus tertuju kepada mereka "yang takut akan Dia". "Mata Tuhan" mengacu pada kasih Allah yang memperhatikan dan mengacu pada pengawasan Allah yang memelihara kehidupan kita. Ia "melepaskan jiwa mereka dari maut dan memelihara hidup mereka pada masa kelaparan". Selama kita takut akan Tuhan, berharap kepada-Nya, menantikan-Nya, dan tinggal di dalam kehendak-Nya, Tuhan akan mengawasi dan melindungi kita. Kita takut akan Tuhan dengan berlandaskan pengakuan bahwa Tuhan adalah Tuhan yang kudus, penuh kasih, dan pengampun. Takut akan Tuhan membuat kita memandang Tuhan dengan rasa kagum dan hormat.

Mata Tuhan memancarkan kasih kepada seluruh milik-Nya. Manusia yang takut akan Tuhan bisa merasakan kasih dan kebaikan Tuhan. Tentunya, kita tidak hanya melihat kasih dan kebaikan Tuhan saja, tetapi juga meneladani-Nya. Kita senantiasa dipanggil untuk hidup dalam takut akan Tuhan. Sebuah sikap yang mesti diupayakan sepanjang hidup. Sudahkah Anda senantiasa takut akan Tuhan?

 


Doa:

Bapa, mampukan kami menggunakan mata hati kami hingga hidup kami berkenan kepada-Mu. Amin.

 

Mzm. 33:12-22; Kel. 19:1-9a; Kis. 2:1-11

Latest ARTICLE