25 April 2017 / Renungan Harian

Mau Lari dari Tuhan


media

Mau Lari dari Tuhan ?

Yunus 1:1-17

Orang-orang itu menjadi sangat takut kepada TUHAN... (Yun. 1:16)

Teknologi sudah makin canggih. Di Bandung, puluhan CCTV dipasang di seluruh penjuru kota untuk memantau setiap peristiwa yang terjadi. Cara ini dipakai agar dengan cepat permasalahan kota dapat direspons dan diselesaikan.

Yunus mengira Allah tidak akan tahu ketika ia melarikan diri dari tugas panggilan-Nya. Yunus berpikir Tarsis merupakan tempat yang aman, jauh dari hadapan Tuhan. Sangkaan Yunus terbukti tidak benar. Di tengah perjalanan, kapalnya dihantam angin ribut. Para awak menjadi takut karena terancam tenggelam. Undi dilakukan untuk menentukan siapa penyebab malapetaka itu. Yunuslah yang mendapatkannya. Pengakuan sebagai orang yang takut akan Tuhan tidak berpadanan dengan perilakunya. Namun, melalui pengakuannya, Yunus menjadi tahu bahwa dirinyalah penyebab malapetaka itu. Ia bersedia menanggung akibat dari perbuatannya. Ia dicampakkan ke laut dan angin ribut pun reda. Allah menunjukkan kuasa-Nya atas laut dan daratan. Allah tidak membutuhkan CCTV untuk mengetahui di mana Yunus berada. Allah Mahatahu. Melalui peristiwa alam, Allah menegur Yunus agar mau kembali menunaikan tugas panggilan-Nya.

Ketika Allah memilih kita untuk melaksanakan perintah-Nya jangan pernah ragu apalagi melarikan diri. Penyertaan-Nya takkan pernah menjauh dari kita. Ia menggunakan setiap kesempatan dalam hidup kita agar kita sadar akan kehadiran-Nya.

 


Doa:

Tuhan, Engkau hadir di mana pun kami berada, kami mau takut dan taat kepada-Mu. Amin.

 

Mzm. 114; Yun. 1:1-17; 1Kor. 15:19-28

Latest ARTICLE