09 June 2017 / Renungan Harian

Memegang Ajaran


media

Memegang Ajaran

2 Timotius 1:12b-14

Peganglah segala sesuatu yang telah engkau dengar dari padaku sebagai contoh ajaran yang sehat dan lakukanlah itu dalam iman dan kasih dalam Kristus Yesus. (2Tim. 1:13)

Setiap tugas yang kita emban tentu memiliki tantangan yang berbeda-beda. Demikian juga, cara untuk menghadapi tantangan tentu berbeda-beda. Karena itu, kita membutuhkan kemampuan dan kekuatan untuk menghadapi dan menyelesaikan tugas. Kemampuan dan itu bisa kita dapatkan dari ilmu yang kita pelajari, orang yang memiliki pengalaman, atau melalui media yang lain.

Demikian halnya dengan Timotius, pemuda yang cerdas dan disayang Paulus. Ia memiliki talenta mempimpin dan mengajar sehingga Paulus menunjuknya sebagai wakilnya untuk Asia Kecil. Untuk tugas yang besar itu, Timotius membutuhkan kemampuan dan kekuatan. Nasihat Paulus kepada Timotius: "Peganglah segala sesuatu yang telah engkau dengar dari padaku sebagai contoh ajaran yang sehat..." Rasul Paulus meminta Timotius untuk selalu berpegang pada ajaran yang sehat seperti yang telah diajarkannya. Terlebih, agar Timotius memegang ajaran yang sehat dari Kitab Suci yang telah dikenalnya sejak kecil. Selanjutnya, menurut Paulus, iman dan kasih juga dapat membuat Timotius peka dalam membedakan antara ajaran yang sehat dan ajaran yang sesat.

Bagaimana dengan kita? Ajaran sehat sesuai Kitab Suci harus kita pelihara dan pegang teguh sehingga menjadi kemampuan dan kekuatan kita dalam menjalankan tugas dan menghadapi tantangan di dalamnya. Selamat memegang teguh ajaran yang sehat dari Tuhan!

 


Doa:

Tuhan, mampukan kami dalam memegang ajaran-Mu. Amin

 

Mzm. 8; Ayb. 38:12-21; 2Tim. 1:12b-14

Latest ARTICLE