18 October 2018 / Renungan Harian

Menerima Sesama Manusia


media

Menerima Sesama Manusia
Roma 15:7-13

Sebab itu terimalah satu akan yang lain, sama seperti Kristus juga telah menerima kita, untuk kemuliaan Allah. (Rm. 15:7)

Sai Mae adalah seekor induk harimau di “The Sriracha Tiger Zoo” Thailand. Sai Mae sangat gelisah, murung dan tidak mau makan karena anak-anaknya yang baru ia lahirkan mati. Petugas kebun binatang akhirnya memberikan beberapa anak babi yang telah dipakaikan mantel kulit harimau kepada Sai Mae. Sai Mae ternyata bersedia menyusui anak-anak babi tersebut dan merawat seperti anaknya sendiri. Sai Mae bahkan tetap dekat dengan anak-anak babi tersebut ketika mantel bulu macan sudah dilepaskan.

Rasul Paulus dalam Rm. 15:7 memberikan nasihat pastoral kepada jemaat, agar saling menerima satu dengan lainnya. Kata yang digunakan Paulus adalah “proslambano”, sebuah kata dalam bentuk perintah yang mengandung arti menerima, mengajak atau membawa serta. Di dalam penerimaan itu terkandung juga unsur penyambutan dan pelayanan (Inggris: hospitality). Tujuan penerimaan menurut Paulus adalah semata-mata untuk memuliakan Allah.

Sebuah persekutuan dikatakan hidup apabila ia memiliki tanda penting berikut, yakni setiap anggotanya bisa saling menerima dan saling melayani satu kepada yang lain. Sekalipun masing-masing anggota memiliki perbedaan dan latar belakang yang berbeda, namun di dalam Tuhan tidak ada satu perbedaan pun yang bisa dijadikan alasan untuk menciptakan jarak dan memisahkan kita sebagai satu anggota tubuh Kristus.


DOA:
Ya Tuhan, bersihkanlah hati kami dari hal-hal yang dapat menghalangi kami menerima sesama kami. Amin.

Mzm. 91:9-16; Kej. 14:17-24; Rm. 15:7-13

Latest ARTICLE